Menu

Insomnia Bisa Jadi Pemicu Awal Mula Diabetes, Waspada Ya!

22 November 2021 14:30 WIB
Insomnia Bisa Jadi Pemicu Awal Mula Diabetes, Waspada Ya!

Ilustrasi tertidur dengan posisi duduk. (Freepik/diana.grytsku)

HerStory, Bandung —

Kualitas tidur yang buruk bisa menyebabkan insomnia muncul. Hal ini ternyata bisa berdampak pada masalah kesehatan lainnya. Terutama pada kesehatan yang berkaitan dengan metabolisme yang menyebabkan resistensi insulin dan peningkatan kadar gula darah.

Nah, kurang tidur ini lah yang harus kamu waspadai. Pasalnya, sering insomnia bisa menyebabkan kamu terkena penyakit diabetes lho.

Berikut penjelasannya, dilansir dari berbagai sumber, Senin (22/11/2021).

Penyebab Diabetes Akibat Kurang Tidur

Kurang tidur dapat memengaruhi hormon stres, di mana hal ini dapat meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makanan dan minuman tinggi karbohidrat dan gula.

Sehingga jika dikonsumsi berlebihan, dapat menyebabkan penambahan berat badan dan risiko diabetes tipe 2.

Tak hanya itu, kurang tidur juga dapat memengaruhi produksi hormon leptin yang disebut dapat meningkatkan keinginan tubuh mengonsumsi makanan karbohidrat dan juga bertanggung jawab untuk mengontrol metabolisme.

The American Academy of Sleep Medicine dan Sleep Research Society sangat menyarankan minimal tidur tujuh jam per malam. Sebab, tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran.

Berikut ini adalah beberapa masalah yang kerap terjadi saat seseorang kekurangan waktu tidur:

- Berpikir lambat dan kurang perhatian

- Kelelahan dan kekurangan energi

- Memori lemah dan perubahan suasana hati

- Merasa cemas, stres, dan mudah tersinggung

Untuk mengaturnya, ada beberapa tips sederhana untuk meningkatkan kualitas tidur seperti berikut ini:

Baca Juga: Diabetesi Merapat! Ini Alasan Penderita Diabetes Sering Pusing Tiba-tiba, Simak Juga Cara Mengatasinya Nih...

Baca Juga: Bisa Berpengaruh pada Penglihatan, Ini 4 Tanda Seseorang Mengidap Diabetes yang Gak Banyak Diketahui, Intip Yuk Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.