Kulit merupakan bagian tubuh yang mejadi pusat perhatian orang. Kulit bercahaya biasanya dilihat sebagai tanda kesehatan dan kecantikan. Kulit kusam atau kering dapat menyebabkan rasa kurang percaya diri. Untuk mengatasinya, berikut ini rahasia kulit glowing bercahaya yang dapat diterapkan dalam rutinitas kecantikan dan perawatanmu!

1. Gunakan Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan penyembuhan. Tetapi menggunakan minyak kelapa di wajah mungkin enggak berfungsi untuk setiap jenis kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa adalah pelembab yang baik. Cobalah memijat sedikit minyak kelapa ke wajah dan biarkan selama beberapa menit sebelum dicuci dengan sabun cuci muka.

2. Gunakan Lidah Buaya untuk Menjaga Kulit Tetap Kuat dan Sehat

Lidah Buaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan kulit yang rusak dan dapat merangsang pertumbuhan sel. Selain itu, lidah buaya juga dapat menenangkan dan melembabkan kulit tanpa membuat pori-pori tersumbat. Menggunakan lidah buaya setelah mencuci muka setiap hari dapat membuat kulit cerah dan bersinar.

Ada kemungkinan alergi terhadap lidah buaya. Uji terlebih dahulu dengan menggosokkan sedikit pada lengan bawah kamu dan jika tidak ada reaksi dalam 24 jam, itu aman digunakan.

3. Gunakan Pelembap

Jangan lewatkan penggunaan pelembap hanya karena wajah terasa berminyak. Jangan menggunakan produk eksfoliasi ketika kulit terasa kering. Aplikasikan pelembap ke kulit saat masih basah sehabis mandi atau setelah mencuci muka, hal itu akan mengunci kelembapan ekstra dan membuat wajah terasa halus.

Baca Juga: Survei: 97% Wanita Enggak Sadar Pentingnya Sunscreen

4. Selalu Kenakan Tabir Surya

Mengenakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih dapat mencegah kanker kulit, menjaga kulit terlindung dari sinar UV yang berbahaya, dan melindungi kulit terhadap fotoaging yang merupakan proses penuaan kulit.

Pastikan untuk menerapkan produk dengan tabir surya setiap pagi, bahkan pada saat hujan atau langit mendung.

5. Jangan Terlalu Sering Cuci Muka

Jangan terlalu sering cuci muka karena dapat menghilangkan kelembapan alami kulit yang akan membuat wajah semakin berminyak.

Cukup cuci muka pertama di pagi hari dan sebelum tidur. Itulah waktu yang baik untuk membersihkan kulit wajah.

6. Hindari Rokok dan Asap Rokok

Saat kulit terpapar asap rorok, maka segala macam racun kimia diserap oleh kulit. Jika hal itu terjadi maka akan terjadi peningkatan stres oksidatif di sel-sel kulit yang menyebabkan penuaan dini.

7. Minum Lebih Banyak Air

Kulit terdiri dari sel-sel yang membutuhkan air. Melansir laman healthline.com, studi tahun 2015 menyimpulkan ada hubungan yang kuat antara minum lebih banyak air dan memiliki kulit yang lebih sehat. Usahakan setidaknya delapan gelas air per hari.

Baca Juga: Ingin Punya Kulit Cantik dan Sehat? Rajin-Rajin Deh Minum Jus Wortel!

8. Konsumsi Buah dan Sayuran

Konsumsi makanan yang kaya buah dan sayuran akan meningkatkan vitamin dan antioksidan dalam tubuh. Menurut Mayo Clinic, mengonsumsi lemak sehat, seperti minyak ikan, dan menjauhi makanan olahan berpengawet akan menghasilkan tampilan kulit yang lebih sehat bercahaya.

Konsumsi juga makanan yang kaya akan vitamin c, seperti jeruk, blueberry, pepaya, stroberi, dan kiwi.  Makanan tinggi lemak sehat seperti alpukat, kacang, dan biji-bijian juga dapat memberikan banyak manfaat, plus makanan itu membuat kenyang lebih lama.