Menu

Diabetesi Wajib Hindari Makanan Pengacau Ini, Gula Darah Bisa Melonjak

Nada Saffana
24 November 2021 13:15 WIB
Diabetesi Wajib Hindari Makanan Pengacau Ini, Gula Darah Bisa Melonjak

Junk food. (Pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Diabetes adalah penyakit kronis yang telah menjadi epidemi di antara orang dewasa dan anak-anak di seluruh dunia. Diabetes yang tak terkontrol bisa meningkatkan komplikasi serius, termasuk penyakit jantung, penyakit ginjal, kebutaan, dan lainnya.

Gaya hidup menjadi hal yang paling mempengaruhi risiko diabetes. Termasuk juga dengan mengonsumsi makanan tertentu dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Selain itu, ada juga makanan yang bisa meningkatkan peradangan, sehingga lebih berisiko sakit.

Oleh sebab itu, sangat penting mengetahui makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penyandang diabetes atau pradiabetes. Penasaran apa saja? Berikut pemaparannya:

1. Makanan/minuman yang dimaniskan dengan gula

Makanan dan minuman manis adalah yang terburuk bagi penyandang diabetes. Termasuk dengan soda dengan kandungan karbohidrat tinggi, yang meningkatkan gula darah. Juga, kandungan fruktosanya yang tinggi telah dikaitkan dengan resistensi insulin dan peningkatan risiko obesitas, hati berlemak, dan penyakit lainnya.

2. Lemak trans

Lemak trans adalah lemak tak jenuh yang telah diubah secara kimiawi untuk meningkatkan stabilitasnya. Lemak trans telah dikaitkan dengan peradangan, resistensi insulin, peningkatan lemak perut, dan penyakit jantung.