Merabaknya virus corona di seluruh dunia, termasuk Indonesia, membuat kamu harus tetap di rumah saja agar penularan virus ini berkurang. Diketahui virus corona dapat menyebar melalui mulut, hidung, dan juga mata. Oleh karena itu, kamu membutuhkan berbagai alat pelindung diri terutama bagian wajah, untuk melindungi kamu dari paparan virus corona. Menurut dokter mata, Sonal Tuli, MD, juru bicara American Academy of Ophthalmology dikutip dari AAO mengatakan bahwa meskipun virus corona dapat menyebar melalui banyak cara, tapi tindakan pencegahan yang tepat dapat mengurangi risiko terinfeksi yang signifikan.

Dokter mata, Sonal Tuli juga menyarankan untuk semua orang wajib menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan dan hindari menyentuh hidung, mulut, serta mata selama pandemi. Berikut beberapa cara untuk melindungi mata kamu dari paparan virus corona yang direkomendasikan oleh Sonal Tuli:

Baca Juga: 5 Provinsi Tambahan Corona Tertinggi, Jawa Timur Juaranya!

Gunakan kacamata pengganti lensa kontak

Memang belum ada bukti kalau menggunakan lensa kontak dapat berisiko terinfeksi virus corona, namun pemakaian lensa kontak membuat orang yang memakainya lebih sering menyentuh mata, apalagi saat kamu belum cuci tangan. Hal ini, merupakan salah satu faktor kamu terkena paparan virus corona.

Sonal Tuli mengatakan bahwa seseorang harus mempertimbangkan untuk menggunakan kacamata lebih sering, apalagi kalau orang tersebut cenderung sering menyentuh mata.

Penggunaan kacamata juga dapat menghindari risiko iritasi pada mata ketika menggunakan lensa kontak atau softlens.

Tambahkan lapisan perlindungan jika menggunakan kacamata

Kacamata memang enggak memberikan keamanan 100 persen untuk menghindari virus corona. Virus masih dapat menjangkau lewat sisi-sisi yang terbuka, bagian atas dan bawah kacamata. Namun, jika kamu adalah seorang perawat atau dokter, lebih baik gunakan kacamata pengaman yang benar-benar bisa mengamankan mata kamu dari virus corona.

Baca Juga: Masuk Tahap Kedua, Ilmuwan Yakin 99% Vaksin Corona Efektif

Sedia resep obat mata

Para ahli menyarankan untuk membeli obat mata yang semisalnya dibutuhkan selama karantina. Kamu bisa meminta bantuan dari apoteker atau dokter untuk memberikan resep obat mata. Kamu juga harus segera membeli obat mata sebelum habis. Gunanya obat mata adalah ketika mata kamu gatal dan perih, kamu enggak musti menggosok mata menggunakan tangan. Kamu bisa menggunakan obat tetes mata untuk menghilangkannya.

Hindari menggosok mata

Memang menggosok mata merupakan kebiasaan alami manusia, termasuk kamu. Namun, saat pandemi seperti ini, kebiasaan itu harus kamu hentikan agar terhindar dari paparan virus corona. Jika kamu merasa gatal, gunakan obat mata atau mencuci tangan terlebih dahulu sampai bersih.