Setiap wanita melakukan serangkaian perawatan wajah demi memiliki wajah yang mulus. Segala teknik perawatan telah dilakukan, tapi kulit tak kunjung menjadi seperti yang diinginkan. Mungkin secara enggak sadar, ada kesalahan yang dilakukan. Apa saja ya?

1. Terlalu Sering Ganti Produk

Wajah tak kunjung mulus membuat diri tertarik mencoba produk baru yang sedang dibicarakan banyak orang, ditambah lagi dengan potongan harga yang ditawarkan. Inilah kesalahan umum dalam tahap perawatan wajah kamu. Hentikan kebiasaan ini, apalagi jika sudah memiliki beberapa produk serupa di rumah.

Mungkin kamu merasa enggak yakin dengan produk yang sudah ada karena enggak begitu memberikan efek pada wajah, namun apakah dengan mengganti produk baru akan membuat wajah menjadi lebih baik? Itu semua sia-sia karena kulit harus kembali beradaptasi dengan produk baru yang memiliki kemungkinan menyebabkan alergi.

2. Menggunakan Scrub Setiap Hari

Kulit wajah akan beregenerasi secara alami setiap hari. Tetapi, kulit juga perlu dibantu dengan produk scrub agar terkesfoliasi secara maksimal. Hal yang perlu diingat adalah mengeksfoliasi kulit setiap hari akan berisiko membuat kulit iritasi dan menghilangkan lapisan pelindung kulit. Secara umum produk scrub bukan solusi terbaik untuk membersihkan wajah. Cobalah produk eksfoliasi secara kimiawi yang berada di pasaran untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Baca Juga: 82,5% Wanita Indonesia Setuju Definisi Cantik Itu Memiliki Kulit Glowing

3. Enggak Menggunakan Makeup Remover

Dalam mempersingkat rutinitas perawatan kulit pada malam hari, kamu mungkin membersikan make up dan debu hanya menggunakan air. Namun, itu bukanlah hal yang tepat karena meninggalkan akan partikel dari produk kosmetik yang bisa menyumbat pori-pori penyebab jerawat dan membuat wajah lebih berminyak. Oleh sebab itu, sebelum kamu mencuci muka, lebih baik menggunakan make up remover, seperti micellar water, cleansing oil, atau cleansing balm untuk meluruhkan make up dari kulit wajah.

4. Enggak Menggunakan Toner

Toner adalah produk yang dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit setelah mencuci muka dan membuat kulit siap menyerap produk selanjutnya. Toner wajib digunakan setelah menggunakan produk yang mengeksfoliasi kulit. Penggunaan toner membuat kulit terhindar dari kerusakan, seperti kekeringan, iritasi, dan ruam. Pastikan produk toner yang kamu gunakan enggak mengandung alkohol.

5. Menggunakan Bedak Tabur untuk Menghilangkan Minyak

Secara normal wajah mengeluarkan kelenjar minyak untuk menjaga hidrasi kulit. Banyak orang menggunakan bedak tabur untuk menghilangkan kilau di wajah padahal itu akan menyumbat pori-pori. Alih-alih menggunakan bedak tabur, cobalah kertas minyak. Walaupun enggak akan menghilangkan minyak secara keseluruhan, kertas minyak tetap bekerja tanpa menambahkan produk yang menyumbat pori-pori.

6. Cabut Alis Sebelum Make up

Alis yang lebat memang terlihat kurang rapi dan menyebabkan tampilan jadi enggak maksimal. Namun, mencabut alis sebelum make up dapat membuat kulit menjadi merah atau meradang. Jika kamu memutuskan untuk mencabut alis, lakukan 2 jam sebelum memulaskan riasan mata.

7. Mencuci Muka Sebelum Mandi

Ini kesalahan umum yang dilakukan banyak orang. Sebaiknya kamu mencuci muka setelah mandi karena produk yang digunakan saat mandi, seperti shampo mengandung silikon, paraben, dan bahan kimia lain yang dapat membuat kulit wajah menjadi iritasi.

8. Tidak Menggunakan Skincare Malam

Setelah menggunakan make up sepanjang hari, mungkin kamu enggak ingin menerapkan apa pun di wajah. Namun, kulit akan kembali pulih jika kamu mengoleskan krim malam, serum, atau masker. Zat aktif yang terkandung dalam produk perawatan tersebut dapat menetralkan efek negatif dari produk kosmetik.

Baca Juga: Sering Pakai Sleeping Mask? Khasiatnya Bikin Kulit Kenyal dan Glowing!

9. Tidak Menggunakan Sunscreen Saat Mendung

Sebagian besar orang menyepelekan penggunaan sunscren terutama pada saat cuaca sedang berawan. Radiasi ultraviolet yang berbahaya bagi kulit akan selalu ada bahkan di negara dingin sekalipun. Oleh sebab itu, perlu kesadaran untuk melindungi kulit sepanjang hari agar terhindar dari bahaya sinar matahari.

10. Tidak Mengganti Sarung Bantal

Baca Juga: Mau Berolahraga? Ini Skincare yang Wajib Kamu Gunakan Sebelum Berolahraga!

Meskipun kamu rajin keramas dan membersihkan wajah setiap hari, sarung bantal yang kamu gunakan tetap menyimpan debu. Gantilah sarung bantal dengan bahan sutra setiap 2 hari sekali untuk membuat wajah tetap sehat dan terhindar dari kerutan.