Menu

Diabetesi Merapat! Dokter Sebut Tak Ada Makanan yang DIlarang Bagi Penyandang Diabetes, tapi...

Riana Agustian
25 November 2021 08:21 WIB
Diabetesi Merapat! Dokter Sebut Tak Ada Makanan yang DIlarang Bagi Penyandang Diabetes, tapi...

Ilustrasi wanita sedang glucose meter untuk mengenali gejala brittle diabetes. (Freepik/jcomp)

HerStory, Bogor —

Beauty, mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang menjadi salah satu hal penting yang mesti diperhatikan penyandang diabetes alias diabetesi.

Bahkan, seorang dokter penyakit dalam mengatakan bahwa tak ada makanan yang dilarang untuk penyandang diabetes.

"Sebenarnya mirip dengan orang tanpa diabetes. Tidak ada benar-benar makanan yang harus dilarang atau tidak boleh dikonsumsi para diabetasi," ujar dokter spesialis penyakit dalam dari Divisi Endokrin, Metabolik dan Diabetes Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI, dr. Martha Rosana, SpPD., seperti dikutip dari media sindikasi Suara.com.

Ia menjelaskan bahwa pada prinsipnya penderita diabetes perlu menerapka konsep 3J dalan pola makan, yakni jadwal, jumlah, dan jenis.

Terkait jadwal, Martha menyarankan pentingnya jadwal makan teratur mulai dari sarapan, makan siang, makan malam dan camilan di antara jam makan utama.

Mengenai jumlah, setiap penyandang diabetes sebaiknya mendapatkan asupan makanan bergizi sesuai kebutuhan tubuhnya berdasarkan tinggi badan, berat badan, aktivitas fisik sehari-hari dan kondisi kesehatan lain yang menyertainya.

Terakhir, yakni jenis makanan yang dibutuhkan antara lain karbohidrat baik dengan kandungan pati seperti nasi dan umbi-umbian, maupun non-pati seperti sayur dan buah, ditambah protein dan lemak.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Share Artikel: