Teh merupakan salah satu minuman yang jadi kesukaan banyak orang. Teh jadi pilihan ketika ingin menyegarkan dahaga. Bisa dikonsumsi secara hangat ataupun dingin. Dengan segala kenikmatannya, tahukah kamu bahwa jenis teh hitam bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan?

Para ahli percaya bahwa teh bisa meringankan inflamasi karena kandungan flavonoid yang tinggi. Teh hitam merupakan salah satu jenis teh yang sangat teroksidasi, menawarkan rasa yang kuat, yang menjadikannya sebagai minuman yang populer.

Baca Juga: Malu Punya Perut Buncit? Coba Atasi dengan 3 Jenis Teh Ini Beauty!

Selain itu, teh hitam juga memiliki kalori yang rendah sehingga cocok banget dikonsumsi saat ingin menurunkan berat badan. Satu cangkir teh hitam diketahui hanya mengandung sekitar 2 kalori. lho Namun, perlu diingat jika dikonsumsi dengan campuran susu, madu, dan gula itu bisa meningkatkan kalori yang ada dalam secangkir teh hitam ya!

Mengonsumsi teh hitam bisa bermanfaat untuk melancarkan metabolisme melalui flavonoid yang disebut katekin, yang mempromosikan aktivitas antioksidan untuk menghambat obesitas dan kondisi jantung yang disebabkan oleh peradangan. Kafein di dalam teh juga membantu tubuh memecah lemak yang disimpan di tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh European Journal of Nutrition menemukan bahwa teh hitam bisa menurunkan bakteri usus yang memicu obesitas. Dalam penelitian ini juga menemukan bahwa teh hitam bisa meningkatkan bakteri yang merangsang massa tubuh tanpa lemak.

Baca Juga: Ingin Turunkan Berat Badan dengan Cepat? Coba Ikuti Diet Mentimun, Dijamin Ampuh Hempaskan Lemak!

Namun, jika mengonsumsi kafein dalam teh hitam terlalu banyak itu bisa memicu kecanduan. Oleh sebab itu, perlu untuk membatasi konsumsi teh hitam per harinya. Sekitar 5 hingga 10 cangkir atau 400 miligram per hari adalah batas yang disarankan untuk mengonsumsi teh hitam.