Menu

Jangan Disepelekan, Ini Komplikasi Penyakit Hipertensi yang Bisa Berbahaya Bagi Nyawa

Jasmine Rahmanizahra Sumirat
26 November 2021 11:00 WIB
Jangan Disepelekan, Ini Komplikasi Penyakit Hipertensi yang Bisa Berbahaya Bagi Nyawa

Memeriksa tekanan darah. (Unsplash/Mufid Majnun)

HerStory, Bandung —

Tekanan darah tinggi atau hipertensi sering disebut dengan silent killer. Ini dikarenakan tekanan darah tinggi sering kali enggak memiliki gejala. 

Padahal, tekanan darah yang tinggi bisa jadi risiko utama penyakit jantung dan stroke lho. Tekanan darah sendiri bergantung pada seberapa banyak darah yang dipompa jantung dan ukuran arteri. Semakin sempit arteri, maka tekanan darah juga semakin tinggi.

Hipertensi juga dapat membuat tubuh terkena berbagai masalah kesehatan yang serius. Kira-kira apa saja penyakit komplikasi tersebut?

Yuk, simak penjelasan berikut ini, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (26/11/2021).

1. Serangan jantung hingga stroke

Melansir dari Kompas.com, hipertensi dapat menyebabkan pengerasan dan penebalan arteri (aterosklerosis) yang pada gilirannya bisa menyebabkan serangan jantung, stroke, atau komplikasi lainnya.

2. Aterosklerosis

Saat pembuluh darah rusak, lemak yang masuk melalui makanan dapat menumpuk di dinding pembuluh darah arteri. Penumpukan ini lama-lama akan menjadi plak (timbunan lemak) serta membuat dinding pembuluh darah tebal dan kaku sehingga terjadi penyempitan. Penyempitan pada pembuluh darah ini disebut dengan aterosklerosis.

Halaman: