Menu

Harus Waspada! Pemicu Kanker Paru-paru Bukan Hanya Rokok, Lho

Azka Elfriza
27 November 2021 23:30 WIB
Harus Waspada! Pemicu Kanker Paru-paru Bukan Hanya Rokok, Lho

Merokok. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Data GLOBOCAN 2020 menyatakan bahwa ternyata angka kematian akibat kanker paru di Indonesia meningkat sebesar 18% menjadi 30.843 orang dengan kasus baru mencapai 34.783 kasus. 

Angka tersebut membuat kematian akibat kanker paru baik di Indonesia maupun di dunia menempati urutan pertama, diantara semua jenis kanker.  

Anggota Pokja Onkologi Toraks Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Sita Laksmi Andarini mengatakan bahwa orang berisiko tinggi terkena kanker paru diantaranya pria di atas 45 tahun, perokok maupun yang sudah berhenti merokok kurang dari 10 tahun, perokok pasif, memiliki riwayat genetik serta riwayat fibrosis paru. 

Selain itu, para pekerja di pertambangan, pabrik semen, pabrik kaca, atau jenis pekerjaan lain yang menghirup paparan silika, juga ternyata mempunyai berpotensi mengalami kanker paru-paru.

Tak hanya itu, masak pakai tungku yang bisa menghasilkan makanan yang lebih nikmat. Namun, kebiasaan ini ternyata bisa mengakibatkan hal buruk untuk kesehatan, salah satunya risiko terkena kanker paru.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.