Teruntuk Beauty yang suka merias wajah, sudahh sepatutnya kamu menjaga kebersihan dari alat makeup yang kamu gunakan. Salah satunya ialah tutin membersihkan beauty blender atau brush yang sering kamu gunakan. Brush atau alat makeup lain yang jarang dibersihkan, terdapat kotoran dan bakteri yang menumpuk di dalamnya. Hal ini akan memicu masalah pada kulit wajah bila digunakan kembali.

Mungkin kamu enggak menyadari keberadaan kuman dan bakteri yang menempel pada brush bila enggak dibersihkan. Enggak cuma menyebabkan iritasi pada wajah, brush yang jarang dibersihkan juga akan membuat tampilan riasan kurang sempurna. Melansir dari laman Boldsky, Rabu (3/6/2020), berikut empat alasan yang perlu kamu ketahui betapa pentingnya membersihkan brush secara rutin. 

Baca Juga: Begini Tutorial Makeup Anak Sekolah Anti Razia, Simak Ya!!

Menghindari pori-pori tersumbat penyebab jerawat

Beauty, brush makeup yang sering kamu gunakan akan mengumpulkan sisa makeup, minyak, dan kotoran yang akhirnya menyumbat pori-pori. Pori-pori yang tersumbat menimbulkan beberapa masalah kulit, salah satunya ialah jerawat. 

Kalau kamu enggak membersihkan brush secara rutin, besar kemungkinanan kotoran dan sisa makeup pada brush akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Jadi, mulai sekarang sering-sering membersihkan brush atau beauty blender yang sering kamu gunakan ya.

Tampilan lebih sempurna

Rutin membersihkan brush juga membuat tampilanmu lebih sempurna saat menggunakannya kembali. Karena pada dasarnya, menggunakan brush yang kotor dan jarang dibersihkan, akan membuat riasan wajah cepat luntur dan bergaris, pokoknya bikin penampilan jadi enggak banget deh!

Membuat kulit teriritasi

Menggunakan brush sesering mungkin tanpa membersihkannya, membuat banyak kotoran, kuman dan bakteri yang menempel. Enggak cuma membuat pori-pori tersumbat, hal ini juga akan mengiritasi kulit wajah. Mulai dari kemerahan pada kulit, rasa gatal hingga peradangan bisa saja terjadi kalau kamu enggak rutin memberihkan brush makeup.

Baca Juga: 8 Beauty Hack yang Perlu Kamu Tahu, Auto Tampil Cantik dan Memesona!

Bisa menyebabkan infeksi pada mata

Selain itu, brush yang kotor juga bisa menginfeksi mata lho, Beauty! Kuman dan bakteri yang menempel pada brush bisa masuk ke mata dan menyebabkan iritasi di dalamnya. Jadi, jangan sekali-kali membiarkan brushmu kotor ya, Beauty!

Gimana Beauty? Masih enggak mau membersihkan brush makeupmu itu? Membersihkannya enggak memakan waktu yang lama kok! Cuma dalam waktu 5 menit, kamu sudah bisa mendapatkan brush yang tampak bersih dan tentunya akan terhindar dari infeksi yang terjadi.

Celupkan brush pada air hangat dan diamkan selama beberapa menit. Tambahkan shampoo ke dalamnya dan gunakan jari untuk membersihkan ujung brush . Kalau residunya sudah keluar, angkat dan bilas dengan air yang mengalir dan keringkan. Gampang banget kan?