Menu

Terkuak! Ini Penyebab Perut Masih Buncit Meski Sudah Lahiran Caesar atau Normal, Moms Coba Simak Ya

Nada Saffana
30 November 2021 18:00 WIB
Terkuak! Ini Penyebab Perut Masih Buncit Meski Sudah Lahiran Caesar atau Normal, Moms Coba Simak Ya

Wanita dengan perutnya yang buncit. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Setelah melahirkan, banyak wanita yang merasa kurang percaya diri dengan tampilan perutnya karena masih 'buncit' seperti masih mengandung. Banyak yang percaya bahwa persalinan caesar membuat perut lebih buncit dibandingkan lahiran normal. Padahal kondisi ini sangat normal dari kedua jenis proses lahiran tersebut dan tak perlu dikhawatirkan.

Butuh waktu bagi tubuh terutama bagian perut untuk pulih sepenuhnya setelah kehamilan. Bayangkan perut seperti balon, perlahan menggembung saat bayi tumbuh. Kemudian melahirkan bukan berarti balon tersebut meledak, tapi itu hanya mulai bocor perlahan. Penurunan ukuran perut Anda mungkin lambat, tetapi akan stabil.

Sejak bayi lahir, perubahan hormonal menyebabkan perut Anda mengecil. Namun, dibutuhkan enam hingga delapan minggu lagi untuk rahim (rahim) berkontraksi ke ukuran sebelum hamil.

Cairan ekstra yang menumpuk di tubuh Anda selama kehamilan akan berkurang secara bertahap. Ini juga bisa mengurangi pembengkakan dan perut kembung.

Selain itu, setiap lemak ekstra yang dipakai untuk memberi makan bayi selama di kandungan akan mulai terbakar, terutama jika Anda sedang menyusui dan juga berolahraga. Tetapi dibutuhkan setidaknya beberapa minggu untuk melihat hasil yang nyata.