Beauty, mungkin banyak di antara kamu yang memanfaatkan bahan alami sebagai perawatn kulit wajah. Alih-alih memilih bahan alami agar aman digunakan, ternyata ada lho bahan alami yang justru perlu kamu hindari. Dalam artian, enggak boleh mengaplikasikannya secara langsung ke kulit wajah.

Bahan-bahan alami ini memiliki kandungan yang bisa saja membuat rusak sel kulit atau membuat kulit wajah menjadi iritasi. Terutama, buat Beauty si pemilik kulit sensitif. Rasanya, bahan-bahan alami ini perlu kamu hindari deh, kalau enggak akan merusak kulit wajah.

Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/6/2020), berikut empat bahan alami yang perlu kamu hindari penggunaanya secara langsung pada kulit wajah.

Baca Juga: WOW! 5 Bahan Alami Ini Ampuh Cerahkan Bibir Hitam, Kembali Merah Merona Pokoknya!

Lemon

Lemon menjadi salah satu bahan alami yang enggak boleh diaplikasikan langsung ke kulit wajah. Mengapa demikian? Beauty, Lemon itu memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi. Hal inilah yang membuat kulit terasa perih dan harus berhati-hati saat menggunakannya, kalau enggak kulitmu akan teriritasi lebih parah.

Kulit wajah bisa saja terlalu kering, kemerahan, dan mengelupas. Hal ini merupakan efek samping dari penggunaan Lemon secara langsung ke wajah. Kalau kamu mau menggunakan Lemon, sesuaikan dengan jenis kulitmu ya, Beauty. Kalau kulitmu sensitif, sebaiknya berpikir dua kali sebelum menggunakannya.

Bawang putih

Mungkin Beauty pernah melihat atau membaca artikel mengenai bawang putih yang dimanfaatkan sebagai masker berbahan alami. Atau mungkin ada yang percaya kalau bawang putih mampu menghilangkan jerawat?

Beauty, kandungan di dalam bawang putih terlalu keras bila digunakan sebagai masker. Menggunakan masker bawang putih di titik jerawat saja, juga dapat membuat kulit menjadi melepuh. Duh hati-hati pokoknya!

Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan allicin di dalmnya. Senyawa kimia ini perlu dihindari dan jangan coba-coba menggunakannya secara langsung pokoknya, ya!

Baca Juga: Menelik Manfaat Baking Soda, Bikin Wajah Mulus dan Cantik Seketika

Baca Juga: Sering Dijadikan Bahan Kue, Ternyata Ini 5 Manfaat Mentega untuk Kecantikan, Bisa Cerahkan Bibir Hitam Lho!

Garam dan gula pasir

Kamu juga perlu menghindari penggunaan gula pasir dan garam secara langsung, terutama bagi kamu si pemilik kulit sensitif. Butiran dengan tepi yang sedikit tajam, bisa saja melukai kulit lho, Beauty. 

Biasanya, garam dan gula pasir seringkali dimanfaatkan untuk mengangkat komedo yang membandel. Di mana campuran bahan ini disebut-sebut mampu mengikis sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Baking soda

Terakhir ialah Baking soda. Seperti halnya perasaan air Lemon, baking soda juga enggak boleh dioleskan secara langsung ke wajah. Hal ini bisa membuat kulit teriritasi, terutama buat kamu yang memiliki tipe kulit sensitif. Sifat basa yang dimiliki baking soda juga bisa menyebabkan efek samping lainnya pada kulit wajah.