Pandemi corona yang terus berlangsung membuat banyak orang mengalami gangguan kecemasan, stres, dan khawatir berlebih. Hal itu juga jadi efek samping dari suntuknya jalani karantina di rumah. Jika mulai terganggu dengan gangguan-gangguan tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan mudah. Coba lakukan meditasi, dijamin ampuh usir rasa cemas dan khawatir!

Meditasi bisa mengontrol perasaanmu sehingga bisa terbebas dari gangguan kecemasan dan kekhawatiran. Tak hanya itu, meditasi juga bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan daya ingat. Hal tersebut sudah banyak dibuktikan dalam berbagai penelitian.

Baca Juga: Ternyata Meditasi Bermanfaat untuk Kesehatan Mental dan Emosional Lho Beauty, Yuk Simak Baik-baik ya!

Salah satunya adalah sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari New York University. Para peneliti menemukan bahwa meditasi 15 menit setiap sehari selama delapan minggu dapat membantu mengurangi rasa lelah dan gangguan kecemasan.

Melansir Medical Today (5/6/2020) ada penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Behavioral Brain Research tahun lalu menunjukkan bahwa meditasi juga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan secara menyeluruh.

Para ahli percaya bahwa bermeditasi dalam jam-jam ambrosial (dua setengah jam sebelum matahari terbit) adalah waktu terbaik untuk bermeditasi. Ini karena matahari berada pada sudut 60 derajat ke Bumi dan energinya paling mendukung segala jenis pekerjaan spiritual. Waktu antara jam 4 pagi sampai 6 pagi dianggap sebagai waktu ajaib dan sangat cocok untuk terhubung dengan energi alam semesta tanpa gangguan. Jika ingin mendapatkan manfaat maksimal dari meditasi, maka bermeditasi pagi-pagi sebelum beraktivitas.

Baca Juga: Ini Rahasia Meditasi untuk Kulit Kecantikan, Simak Ya Beauty!

Menurut para ahli, kunci untuk mendapatkan manfaat dari meditasi bukanlah berapa lama durasi meditasi, tetapi bagaimana konsistensi dalam mengintegrasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, di saat karantina seperti ini, sisihkan sekitar 15 menit sehari untuk menemukan tempat yang tenang dan silakan bermeditasi serta melakukan refleksi diri. Dengan melakukan meditasi, kamu mungkin menemukan hal-hal baru tentang dirimu yang sebelumnya tidak pernah disadari. Selain itu, meditasi juga bisa memberi istirahat yang dibutuhkan otakmu.