Menu

Jejak Sukses Novita Dwi Saraswati: Besarkan Viu Outfitters dan Dukung Konsumsi Mode yang Ramah Lingkungan

Riana Agustian
03 Desember 2021 13:25 WIB
Jejak Sukses Novita Dwi Saraswati: Besarkan Viu Outfitters dan Dukung Konsumsi Mode yang Ramah Lingkungan

Novita Dwi Saraswati, Owner Viu Outfitters (Instagram/@viu.outfitters)

HerStory, Jakarta —

Wanita dan fashion memang sulit dipisahkan. Jika wanita melihat fashion sebagai peluang untuk memajukan perekonomian, hal itu menjadi pemikiran yang tepat dan cerdas. Pemikiran itu pun dilakukan oleh Novita Dwi Saraswati, dengan membuat lini clothing line bertajuk Viu Outfitters.

Saat ditemui HerStory di acara Indonesia Diaspora Festival 2021, wanita lulusan University of Applied Sciences Leipzig, Jerman, jurusan Business Information System ini pun tak segan menceritakan awal mulanya dia terjun ke dunia bisnis.

“Aku mulai bisnis ini sekitar Juni 2020 lalu, saat pandemi kan itu. Jadi karena kita diharuskan di rumah aja kan saat itu, jadi aku gak bisa keluar rumah untuk bekerja. Di satu sisi aku juga belum bisa mempercayakan anakku untuk diasuh orang lain, jadi menurutku bisnis ini jadi solusi juga buat aku. Jadi aku pun berinisiatif untuk jadi wanita yang mandiri secara finansial, yakni membuat baju, sekaligus aku juga gak mau kan ninggalin anak aku sendirian di usia golden age-nya ini, jadi lahirlah bisnis ini,” beber Novita, kepada HerStory, belum lama ini.

Lantas, kenapa Novita memilih bisnis fashion? Diakui Novita, kesukaan dirinya membeli baju secara tak langsung memantik dirinya untuk membuka bisnis baju juga. Memang, bisnis fashion yang digelutinya ini gak relate dengan background pendidikannya di Jerman. Tapi kata Novita, dengan ilmu Business Information System yang dipunyainya ini justri malah membantu dirinya dari segi pemasaran produk Viu OuterFitters.

“Alasan saya terjun ke bisnis fashion karena aku sendiri suka beli baju. Tapi lama-lama ak mikir, kayaknya mending bikin brand baju sendiri aja deh. Memang gak relate ya dengan background pendidikan aku. Malah aku juga kan gak punya basic fashion. Jadi karena aku basicnya bisnis informatika, maka aku mikir gimana caranya agar bisnis aku ini masuk ke sistem informatikanya, karena kan sekarang sudah serba IT. Jadi untuk iklan, branding, semuanya melalui informatika juga, jadi kayak relate-nya itu justru di situ, bukan di fashion-nya,” beber Novita.

Berbeda dengan brand fashion lazimnya, lewat Viu Outfitters ini justru Novita ingin menggaungkan konsep minimalism seperti yang dianut kebanyakan masyarakat di Jepang, ke dalam setiap produk fashion-nya.

Halaman: