Penggunaan masker memang sangat penting di tengah pandemi virus corona seperti sekarang ini. Kamu bisa menggunakan berbagai macam jenis masker, seperti masker medis dan masker kain. Dalam panduan terbarunya mengenai penggunaan masker untuk menvegah virus corona, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga memasukkan informasi tentang masker kain.

"WHO merekomendasikan bahwa masker kain harus terdiri dari setidaknya tiga lapisan bahan yang berbeda," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom dalam konferensi persnya.

Baca Juga: Banyak Mitos Keliru Soal Penggunaan Masker Saat Pandemi Corona! Yuk, Simak Faktanya Berikut Ini...

Baca Juga: Sudah di Rumah tapi Masih Kena Virus Corona? 4 Hal Ini Perlu Kamu Waspadai!

Baca Juga: Selain Corona, Ilmuwan Sebut Ada 2 Juta Virus di Tubuh Hewan Mengintai Kesehatan Manusia

Dikutip dari laman resmi WHO, penggunaan masker kain yang ideal harus menggunakan bahan yang tahan air pada lapisan luar masker. Untuk lapisan yang tengah berfungsi sebagai penyaring dan lapisan terdalam adalah penyerap air.

Beauty, apabila masker kain yang kamu gunakan sudah kotor, disarankan untuk mencucinya dengan sabun dan air yang bersuhu tinggi. Kalau sudah menggunakan masker, WHO juga meminta masyarakat untuk mewaspadai hal-hal yang bisa membuat seseorang terpapar virus corona.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom menegaskan bahwa masker saja enggak cukup untuk melindungi orang-orang dari paparan virus corona. Masker hanya bermanfaat sebagai bagian dari pendekatan komprehensif dalam upaya memerangi virus corona.