Menu

Khusus Diabetesi, Konsumsi Makanan Mentah Ternyata Bermanfaat untuk Kontrol Gula Darah Lho! Begini Cara Kerjanya di Tubuh

Nada Saffana
07 Desember 2021 11:45 WIB
Khusus Diabetesi, Konsumsi Makanan Mentah Ternyata Bermanfaat untuk Kontrol Gula Darah Lho! Begini Cara Kerjanya di Tubuh

Makanan sehat. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Ada kabar yang beredar bahwa makanan mentah bisa mengatasi diabetes, apakah itu benar? Ternyata konsumsi makanan mentah untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk diabetes, telah dipraktikkan sejak tahun 1800-an.

Kebiasaan makanan mentah ini disebut juga raw food diet, yang biasa dikenal dengan 'raw foodism and rawism' adalah jenis diet yang mencakup konsumsi makanan dalam keadaan alami atau mentah. Dengan kata sederhana, makanan mentah didasarkan pada konsep tanpa memasak, tanpa microwave, tanpa rekayasa genetika, tanpa pestisida dan tanpa pengolahan.

Makanan mentah dianggap lebih sehat karena pemanasan dan pengolahan sering merusak nutrisi, seperti fitokimia dan mikronutrien dalam makanan dan membuat tubuh mendapatkan lebih sedikit nutrisi penting, dibandingkan dengan jumlah alami.

Diet Makanan Mentah dan Diabetes

Dilansir Boldsky (7/12/2021) menurut statistik terbaru, lebih dari 20 persen orang di bawah usia 20 tahun telah terdeteksi menderita diabetes. Sayuran mentah adalah bagian penting dari diet DASH, pola makan yang disarankan oleh para ahli medis untuk penderita diabetes.

Diet bergizi adalah suatu keharusan untuk mengobati diabetes. Makan sehat tak hanya membantu dalam mengontrol kadar gula darah tetapi juga membantu menjaga berat badan yang sehat.

Studi mengatakan bahwa memasukkan makanan mentah ke dalam makanan sehari-hari dapat membantu dalam pengelolaan diabetes. Ini adalah suatu kondisi di mana tubuh berhenti memproduksi insulin atau sel-sel tubuh berhenti merespons insulin, menyebabkan diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Efek diet makanan mentah pada diabetes terutama disebabkan oleh enzim non-aktif yang ada dalam makanan mentah. Enzim ini memiliki potensi manfaat kesehatan pada tubuh, yang sering hilang dalam jumlah sedang hingga tinggi setelah dimasak atau diproses.

Para ahli kesehatan juga menyarankan bahwa penderita diabetes tak sepenuhnya perlu mengubah pola makan untuk mengelola kondisi tersebut. Dengan perlahan mulai memasukkan lebih banyak sayuran mentah dan buah-buahan ke dalam makanan, bersama dengan olahraga dan manajemen berat badan, dapat sangat membantu.

Share Artikel: