Beauty, tentu setelah menggunakan makeup seharian sebelum membersihkannya dengan facial wash, kamu akan memakai makeup remover bukan? Ya, makeup remover menjadi salah satu rangkaian pembersih wajah yang harus digunakan apalagi setelah menggunakan riasa wajah yang cukup tebal.

Makeup remover mampu membersihkan wajah dari kosmetik yang berbahan dasar minyak atau waterproof yang sulit dihilangkan. Banyak produk makeup remover ditawarkan di pasaran, tapi kamu perlu berhati-hati dengan kandungan bahan kimia di dalamnya.

Baca Juga: Ini 4 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Rutin Bersihkan Brush Makeup, Catat Baik-Baik Ya!

Alih-alih takut kulit wajah terpapar bahan kimia yang bisa saja membuat iritasi, ternyata ada lho bahan alami yang sering dimanfaatkan sebagai penghapus makeup dan tentunya lebih aman digunakan. 

Penasaran dengan bahan alami apa saja yang bisa digunakan sebagai makeup remover? Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/6/2020), berikut empat di antaranya:

Mentimun

Enggak cuma enak dijadikan lalapan yang mengugah selera makan, mentimun juga bisa menghapus makeup lho! Mentimun mengandung anti-peradangan sehingga bisa menenangkan kulit wajah yang teriritasi. Parut satu timun dan peras airnya, kemudian simpan dalam wadah kedap udara. Gunakan saat hendak menghapus makeup, kalau makeup susah dihapus tambahkan beberapa tetes minyak zaitun atau susu mentah.

Minyak kelapa

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa, Beauty. Minyak kelapa mengandung antioksidan yang bisa membersihkan kulit dan mengurangi tanda penuaan. Ambil beberapa tetes minyak kelapa di ujung jari kemudian pijat lembut pada bagian mata untuk menghapus maskara. Lalu bersihkan dengan handuk basah.

Minyak bunga matahari

Kandungan non-comedogenic di dalamnya, enggak akan menyumbat pori-pori di wajah. Minyak ini akan bekerja dengan lembut untuk menghilangkan lapisan makeup yang menempel. Celupkan kapas pada minyak bunga matahari secukupnya, lalu oleskan pada wajah, kemudian bersihkan hingga benar-benar bersih.

Baca Juga: 5 Manfaat Luar Biasa dari Minyak Bunga Matahari untuk Kulit, Bisa Bikin Awet Muda Lho!

Susu

Kamu juga bisa menggunakan susu lho, Beauty! Kandungan lemak dan protein pada susu dapat membantu melembabkan dan mengilangkan noda pada kulit. Susu juga dapat membantu proses penuaan lho, Beauty. Walaupun minum susu bisa memperparah kondisi jerawat dan eksim, tapi penggunaanya sebagai obat luar dapat mengatasi masalah kulit tersebut.

Cara mengolahnya juga cukup mudah kok. Tambahkan satu sendok makan minyak almond da satu mangkuk susu. Usapkan pada wajah dan bersihkan dengan handuk atau kapas. Sisa makeup dijamin bakal terangkat!

Semoga bermanfaat!