Menu

Burnout Karena Diabetes? Jangan Khawatir, Begini Cara Mengatasinya

Sri Handari
09 Desember 2021 15:10 WIB
Burnout Karena Diabetes? Jangan Khawatir,  Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi wanita sedang stres. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Penyakit diabetes tak hanya berpengaruh terhadap kondisi fisik, tapi juga psikis lho Moms. Rasa lelah akibat gejala diabetes, rutinitas mengecek kadar gula darah, serta tuntutan untuk minum obat tak jarang membuat pasien diabetes rentan mengalami burnout.

Melansir dari American journal of Nursing (09/12/2021), diabetes burnout adalah rasa frustasi dan kelelahan yang dialami oleh pasien diabetes. Perasaan ini berasal dari tuntutan yang mereka alami sehari-hari untuk mengelola kondisinya. Pasien diabetes yang mengalami burnout biasanya lelah karena harus terus berusaha mengontrol penyakitnya. Lalu, bagaimana cara mengatasi burnout pada penderita diabetes?

1. Menerima keadaan

Rasa putus asa dan burnout sangat wajar kok Moms. Bahkan banyak sekali pasien diabetes yang mengalami hal serupa. Karenanya, menerima keadaan adalah hal pertama untuk mengetahui apa saja emosi yang perlu kamu hadapi ke depannya.

2. Tidak memaksakan diri

cobalah memiliki target gula darah yang nggak terlalu jauh dari kondisi Beauty saat ini. Selain itu, hindari pula menggunakan kata yang bisa menurunkan semangat saat melihat hasil cek gula darah yang tinggi, misalnya "gula darah jelek".

Share Artikel: