Menu

5 Gangguan Mental Berujung Depresi, Bisa Memicu Bunuh Diri

10 Desember 2021 15:40 WIB
5 Gangguan Mental Berujung Depresi, Bisa Memicu Bunuh Diri

Ilustrasi seorang wanita yang sedang mengalami depresi/gangguan jiwa.(Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Medan —

Depresi merupakan salah satu gangguan mental yang kerap terjadi sayangnya sering diabaikan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan perasaan sedih berlebihan yang terus menerus dirasakan.

Beberapa gangguan mental menyebabkan seseorang merasa depresi hingga berujung bunuh diri. Herstory sudah merangkum beberapa gangguan mental yang dapat memicu depresi.

1. Bipolar

Depresi kerap menyerang penderita bipolar. Kondisi ini mengalami tiga gejala yang terjadi secara bergantian yaitu mania, hipomania, dan depresi.

Mania dan hipomania adalah kebalikan dari depresi. Kondisi ini ditandai dengan penderitanya yang bersemangat dalam melakukan hal apapun tanpa memikirkan risiko. 

2. Gangguan persisten atau dysthymia

Depresi ini menyerang seseorang yang mengalami masalah jangka panjang dalam mengatur suasana hati. Penderita biasanya kehilangan minat untuk melakukan aktivitas.

Tanda lainnya adalah sulit produktif, mudah menyerah, serta merasa rendah dan tidak memiliki kemampuan di bidang apapun. Semuanya terjadi hingga bertahun-tahun dan mengganggu hubungan antar teman, pasangan, serta keluarga.

Penderita biasanya tampak selalu muram, suka mengeluh, dan merasa gak tenang.

Baca Juga: Waspada! Sederet Tanda Kamu Terkena Gangguan Mental Akibat Media Sosial, Apa Saja Ya?

Baca Juga: Kebiasaan 'Ngutang' Bisa Sebabkan Gangguan Mental? Benar Enggak Sih?!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.