Beauty, ada kabar gembira mengenai perkembangan vaksin virus corona. Pakar penyakit menular terkemuka mengatakan vaksin COVID-19 dapat dirilis pada akhir tahun ini tetapi tidak jelas berapa lama kekebalan akan bertahan dan apakah orang akan membutuhkan suntikan setiap tahun

dr. Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, mengatakan vaksin untuk COVID-19 bisa siap pada akhir tahun 2020, namun masih belum diketahui berapa lama antibodi bisa bertahan.

Baca Juga: Kabar Baik! Vaksin Virus Corona Berbentuk Inhaler Akan Siap Agustus Mendatang

"Kami dapat memiliki vaksin pada akhir tahun 2020 ini atau dalam beberapa bulan awal di tahun 2021. Jadi, itulah yang membuat saya yakin bahwa prosesnya benar-benar sesuai jalur. Segalanya jelas berjalan ke arah yang benar," ucapnya dalam wawancara dengan Good Morning America pada Rabu (11/6/2020).

Selain itu, ia juga memperkirakan akan ada lebih dari satu vaksin COVID-19, tetapi tidak jelas berapa lama itu akan efektif untuk atau apakah perlu digunakan setiap tahun seperti vaksin flu.

"Kami akan mengambilnya satu langkah pada satu waktu. Hal pertama yang ingin kita lakukan adalah menentukan apakah vaksin COVID-19 itu aman dan apakah itu melindungi tubuh serta berapa lama perlindungan itu berlangsung," sambungnya.

Baca Juga: Bio Farma dan Sinovac Akan Segera Uji Klinis Vaksin Virus Corona di Indonesia!

dr. Fauci juga berharap vaksin dapat tersedia pada akhir tahun ini karena sejauh ini perkembang vaksin COVID-19 terlihat sangat menjanjikan.

"Saya yakin pada vaksin ini karena saat dikembangkan dan diuji pada hewan hingga fase satu pada manusia terlihat cukup menjanjikan. Itu membuat saya optimis vaksin ini bisa segera diproduksi," jelasnya.

"Kami akan kembali menguji secara klinis vaksin ini hingga menghasilkan satu atau lebih kandidat vaksin yang mudah-mudahan sudah tersedia di akhir musim gugur. Jika prosesnya berjalan dengan baik. Kami akan memiliki informasi yang cukup untuk dapat membuat keputusan apakah vaksin itu aman dan efektif," tambahnya.