Beauty, vaksin COVID-19 dari Cina dikabarkan akan siap digunakan pada bulan September. Hal tersebut diungkapkan oleh penasihat medis terkemuka dari Beijing, Dr Zhong Nanshan.

Dr. Zhong mengatakan pada Sabtu (6/6/2020) bahwa pandemi virus corona harus ditangani dengan vaksinasi massal, bukan kekebalan kawanan atau herd immunity karena akan memakan banyak korban jiwa.

Baca Juga: Bio Farma dan Sinovac Akan Segera Uji Klinis Vaksin Virus Corona di Indonesia!

Pakar kesehatan mengenai virus corona yang berusia 83 tahun itu mengatakan bahwa beberapa vaksin yang dikembangkan oleh para ilmuwan Cina bisa siap di musim gugur untuk 'penggunaan darurat'.

"Beberapa dari vaksin dapat digunakan untuk keadaan darurat mungkin pada akhir tahun ini. Kami percaya pada musim gugur atau musim dingin tahun ini jika mereka diperlukan untuk keadaan darurat," katanya seperti dilansir dari Daily Mail (11/6/2020).

Pernyataan yang Dr. Zhong sejalan dengan apa yang dikatakan oleh Dr Gao Fu, direktur jenderal Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit China, sebelumnya. Pada akhir April Dr. Gao mengatakan bahwa vaksin dari Cina siap digunakan pada bulan September.

Kepala kesehatan Cina menambahkan bahwa vaksin itu akan digunakan untuk keadaan darurat, seperti gelombang baru wabah virus. Selain itu, Ahli virologi juga mengatakan bahwa Cina memimpin upaya dunia untuk mengembangkan vaksin.

Baca Juga: Yeay! RI Gandeng Korea Selatan untuk Uji Klinis Vaksin Corona

"Pada bulan September kita mungkin memiliki vaksin yang akan digunakan untuk keadaan darurat. Misalnya, jika kita mengalami wabah darurat lagi," katanya.

Beberapa vaksin yang disebut-sebut sudah memasuki uji tahap terakhir antara lain sebagai berikut:

  • CanSino Biological: Non-replicating viral vector vaccine
  • Wuhan Institute of Biological Products: Inactivated vaccine
  • Beijing Institute of Biological Products: Inactivated vaccine
  • Sinovac: Inactivated vaccine