Setelah sekita tiga bulan PSBB dan hanya diam di rumah, akhirnya masyarakat kembali menjalankan aktivitasnya ketika pemerintah memberikan kelonggaran. Namun, hal itu disebut kehidupan new normal. Pemerintah tetap memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan, ketika beraktivitas di luar rumah.

Hal ini dilakukan agar masyarakat yang melakukan aktivitas terhindar dari paparan virus corona. Nah, buat kamu yang ingin pergi liburan juga harus mentaati protokol kesehatan ya! Jangan usai PSBB kamu jadi tak mentaati peratuan. Ingat! virus corona tetap menjalankan tugasnya. Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (12/6/2020) yuk intip tips liburan aman saat new normal.

Baca Juga:New Normal Akan Diterapkan, Yuk Ikuti 4 Cara Persiapan Diri untuk Menghadapinya!

Tetap menggunakan masker

Buat kamu yang ingin pergi jalan-jalan karena sudah bosan di rumah akibat PSBB, kamu tetap wajib menggunakan masker ya. Karena seperti yang kita ketahui, virus corona di Indonesia makin meningkat tiap harinya.

Oleh karena itu, kamu perlu membawa beberapa cadangan masker ketika liburan untuk mengganti masker yang sudah dipakai seharian. Biar lebih aman, gunakan tisu sebagai penambah masker ya!

Membawa hand sanitizer dan rajin mencuci tangan

Selain masker, kamu jangan lupa membawa hand sanitizer dan rajin mencuci tangan pakai sabun. Hal ini untuk menghindari virus corona yang menempel pada barang yang kamu pegang.

Misalnya, kamu ingin berlibur membeli baju, setelah memegang baju itu kamu harus cepat-cepat menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan dari virus corona. Karena kamu enggak tahu apakah baju tersebut terkena virus corona atau enggak. 

Selain itu, usahakan mencuci tangan selama 20 detik untuk membersihkan tangan yang mungkin terkena virus corona. Sekarang pun sudah banyak tempat mall yang menyediakan tempat cuci tangan.

Baca Juga: Jelang New Normal, Ini 4 Aturan Baru Nonton di Bioskop! Kamu Sudah Siap?

Menjaga jarak

Saat mengunjungi tepat wisata di tengah pandemi, kamu harus menjaga jarak dengan pengunjung lainnya. Hal ini, untuk menghindari penyebaran virus corona.

Walaupun kamu merasa sehat, tapi tetap saja kamu bisa saja terinfeksi virus ini atau menjadi dalang yang menyebarkan virus corona ke pengunjung lain. Oleh karena itu, jaga jarak 1.5-2 m itu penting ya Beauty!

Menggunakan kendaraan pribadi

Diketahui penyebaran virus corona itu banyak terjadi karena orang-orang menggunakan angkutan umum, seperti kereta dan sebagainya. Jika kamu memiliki kendaraan sendiri, lebih baik membawa kendaraan kamu tanpa harus menaiki angkutan umum. Hal ini lebih baik untuk menghindari kamu dari bahaya virus corona yang menempel di angkutan umum.

Semoga bermanfaat Beauty dan tetap menjaga kesehatan!