Menu

Dear Moms, Ini Sederet Makanan Agar BAB Si Kecil Jadi Lancar

23 Desember 2021 17:00 WIB
Dear Moms, Ini Sederet Makanan Agar BAB Si Kecil Jadi Lancar

Ilustrasi dokter sedang memeriksa bayi yang sakit. (Freepik/rawpixel.com)

HerStory, Bekasi —

Salah satu penyakit yang umum terjadi pada anak yaitu susah buang air besar (BAB) atau sembelit. Secara umum, sembelit didefinisikan sebagai buang air besar kurang dari 3 kali seminggu. Jumlah buang air besar mungkin berbeda untuk setiap anak.

Penyebab umum anak kesulitan BAB adalah karena pelatihan toilet dini, perubahan pola makan, kurang  olahraga, dan masalah emosional (stres). Dalam kasus yang jarang terjadi, sembelit dapat disebabkan oleh masalah fisik yang lebih serius.

Beberapa tanda-tanda anak mengalami sembelit antara lain:

  • Memiliki intensitas buang air besar lebih sedikit dari biasanya.
  • Mengeluarkan feses yang keras dan terkadang besar.
  • Kesulitan buang air besar atau menyakitkan untuk dikeluarkan.
  • Memiliki perut (perut) kembung, kram, atau nyeri.

Sebagian besar kasus sembelit pada anak-anak bersifat sementara, dan nggak mengkhawatirkan. Masalahnya, bayi gak dapat memberi tahu apa yang mereka rasakan. Sementara balita/anak kecil mungkin gak dapat menggambarkannya secara akurat apa yang mereka rasakan. Oleh sebab itu, orang tua harus peka untuk memahami kondisi anak. 

Jika Si Kecil mengalami sembelit, Mom gak perlu langsung memberinya obat. Cukup dorong anak untuk mengubah pola makannya, seperti konsumsi lebih banyak buah dan sayur yang kaya serat. 

Berikut makanan yang bisa memperlancar BAB Si Kecil : 

  • Roti

Roti gandum utuh, roti granola, muffin gandum, wafel gandum utuh

Baca Juga: Gak Tega Lihat Anak Tersiksa karena Sembelit? Moms Gak Usah Panik, 6 Cara Ini Ampuh Bikin BAB Si Kecil Jadi Lancar

Baca Juga: Susah BAB? Yuk Konsumsi 4 Buah Ini untuk Sembuhkan Sembelit, Pencernaan Auto Sehat!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Cherryn Lagustya

Artikel Pilihan