Menu

Stop Main Media Sosial! Kamu Harus Jauhi Dunia Maya Jika Alami 5 Hal Ini

Noorma Amalia Siregar
24 Desember 2021 15:25 WIB
Stop Main Media Sosial! Kamu Harus Jauhi Dunia Maya Jika Alami 5 Hal Ini

Ilustrasi wanita mencurigai pasangan sedang jajan prostitusi lewat media sosial. (theghanareport.com/Edited By HerStory)

HerStory, Medan —

Media sosial menjadi dunia baru bagi kebanyakan orang. Sekitar 3,96 miliar orang di dunia menggunakan media sosial.

Tak hanya itu, rata-rata tiap orang menghabiskan waktu 144 menit per hari untuk berselancar di dunia maya. Lebih parahnya, media sosial dapat mengikat dan membuat pengguna kecanduan.

Psikiater anak dan remaja di Rumah Sakit Umum Massachusetts dan Sekolah Kedokteran Harvard, Neha Chaudhary, menjelaskan bahwa ada masa di mana kamu harus beristirahat dari media sosial. Apalagi, media sosial memiliki sisi positif sekaligus negatif secara bersamaan.

"Media sosial adalah pedang bermata dua," jelas Chaudhary.

Menurutnya, media sosial dapat mengurangi rasa kesepian dengan menghubungkan setiap orang. Tetapi di sisi lain, media sosial telah dikaitkan dengan cyberbullying, perbandingan sosial, dan fenomena lain yang dapat merusak kesehatan dan kesejahteraan.

"Untuk memastikan media sosial memiliki dampak positif pada kesehatan, penting untuk menyadari bagaimana Anda menggunakannya. Itu berarti mengetahui kapan harus beristirahat dan mengarahkan perhatian ke hal lain," sambungnya, dilansir Insider.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.