Ada kabar gembira! Obat murah yang ditujukkan untuk mengobati steroid atau biasa disebut dexamethasone terbukti dapat menyelamatkan nyawa pasien COVID-19. Hal ini diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Oxford University.

Dexamethasone merupakan obat yang digunakan untuk mengurangi peradangan pada penyakit, seperti radang sendi. Namun, para ilmuwan mengkaji obat ini dan hasilnya obat ini dapat mengurangi tingkat kematian sekitar sepertiga di antara pasien COVID-19 yang sakit parah yang dirawat di rumah sakit.

Baca Juga: Apa Itu Dexamethasone?

"Ini adalah hasil (percobaan) yang menunjukkan jika pasien COVID-19 parah hingga menggunakan ventilator atau menggunakan oksigen kemudian diberikan dexamethasone, obat itu akan menyelamatkan nyawa pasien. Dan obat itu membutuhkan biaya yang sangat rendah," kata Martin Landray, seorang profesor Universitas Oxford yang memimpin uji coba "RECOVERY" ini.

Peneliti lainnya, Peter Horby, profesor Emerging Infectious Diseases di Departemen Kedokteran Nuffield, Universitas Oxford. menyebut deksametason sebagai salah satu "terobosan besar."

"Dexamethasone adalah obat pertama yang ditunjukkan untuk meningkatkan kelangsungan hidup pada COVID-19. Ini adalah hasil yang sangat disambut baik," katanya seperti dilansir dari Reuters (17/6/2020).

Baca Juga: Dexamethasone Disebut Kurangi Risiko Kematian Pasien Corona Akut, Ini Tanggapan WHO

"Dexamethasone tidak mahal, dan dapat segera digunakan untuk menyelamatkan nyawa pasien COVID-19 di seluruh dunia," sambungnya.