Dexamethasone adalah obat untuk mengatasi peradangan, reaksi alergi, dan penyakit autoimun. Obat ini tersedia dalam bentuk tabel 0,5 mg, sirup, suntikan (injeksi), dan tetes mata. Dexamethasone termasuk ke dalam golongan obat kortikosteroid. Obat ini digunakan untuk jangka panjang dan enggak boleh dihentikan secara tiba-tiba.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa dexamethasone telah digunakan sejak tahun 1960-an untuk mengurangi peradangan dan beberapa kondisi lainnya, termasuk kanker.

Baca Juga: Apa Itu Demensia?

Baca Juga: Wah, Obat Dexamethasone Ampuh Ringankan Gejala Virus Corona Lho!

Baca Juga: Ilmuwan Yakin Dexamethasone Bisa Selamatkan Pasien Corona Parah, Apa Alasannya?

Dexamethasone adalah obat oral yang dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter. Dosis lamanya pengobatan ini tergantung pada kondisi medis pasien masing-masing. Dokter mungkin akan mengurangi dosisnya secara perlahan untuk meminimalisir risiko efek samping. Apa saja ya efek sampingnya?

Yuk, simak baik-baik, ya!

Efek samping

  1. Perubahan siklus menstruasi
  2. Pusing
  3. Demam
  4. Sakit perut
  5. Nafsu makan meningkat
  6. Gangguang tidur
  7. Gangguang penglihatan

Makanya, penggunaan obat dexamethasone harus dikonsultasikan dulu bersama dokter untuk mengetahui dosis yang tepat. Kamu juga perlu berhati-hati apabila memiliki riwayat TBC, diabetes, hipertensi, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit hati, dan gangguan pembekuan darah.