Pandemi corona membuat aktivitas jadi terbatas. Namun, memasuki masa New Normal beberapa aktivitas sudah mulai kembali berjalan. Salah satunya adalah olahraga.

Meski sudah boleh ke luar rumah, para ahli kesehatan mengimbau masyarakat untuk selalu mengenakan masker. Lantas apakah olahraga di luar rumah juga harus mengenakan masker?

Baca Juga: Ingin Olahraga ke Luar Rumah? Dokter Reisa Peringatkan Hal ini

Hal itu masih jadi perdebatan para ahli kesehatan karena masker merupakan barang wajib, namun dianggap mampu mengganggu pernapasan saat olahraga. Oleh sebab itu, pihak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun angkat bicara.

Dari pihak WHO mengeluarkan pedoman kesehatan melalui unggahan di instagram resminya. Menurut pedoman yang dikeluarkan WHO, saat berolahraga sebaiknya tak menggunakan masker karena bisa membatasi napas.

"Orang-orang sebaiknya tidak pakai masker saat olahraga karena bisa mengurangi kemampuan dan kenyamanan bernapas," tulis WHO di Instagram.

Baca Juga: Tok! WHO Hentikan Uji Coba Obat Klorokuin karena Tak Bermanfaat Tangani Pasien Corona

Selain membuat napas tak maksimal, keringat yang dikeluarkan tubuh saat olahraga juga bisa membuat masker jadi sarang mikroorganisme yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

"Keringat juga bisa membuat masker cepat basah sehingga bernapas jadi makin sulit dan mikroorganisme mudah berkembang," tambahnya.

Meskipun boleh tak menggunakan masker, WHO tetap mengimbau masyarakat yang ingin olahraga di luar rumah harus menjaga jarak dengan orang lain.