New Normal membuat masyarakat sudah mulai beraktivitas kembali. Aktivitas yang banyak dilakukan salah satunya adalah berolahraga, baik berjalan santai ataupun bersepeda. Namun, banyak diantara orang-orang yang berolahraga tak mengenakan masker padahal itu jadi barang wajib di tengah pandemi virus corona.

Menanggapi hal itu, dr. Reisa Broto Asmoro selaku Anggota Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, pun mengimbau masyarakat untuk pahami kondisi kesehatan masing-masing sebelum memutuskan olahraga ke luar atau ke tempat umum.

Baca Juga: Jadi Tim Gugus Tugas COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro Bagikan Tips Buat Masker Kain

"Kalau kita ingin berolahraga sambil melepas penat di luar rumah, ingat kembali unsur keamanan. Unsur keamanan adalah yang paling utama," terangnya saat konferensi pers di BNPB, Rabu (17/6/2020).

"Protokol kesehatan utama kita kalau berada di ruang publik dan berdekatan dengan orang lain kita wajib memakai masker. Dengan begitu kita bisa kenali risiko diri sendiri dan kenali risiko lingkungan sekitar. Baru kita bisa memutuskan untuk berolahraga menggunakan masker atau tidak di luar rumah," sambungnya.

Saat memutuskan untuk berolahraga ke luar rumah dan tak bisa menggunakan masker, dr. Reisa menyarankan untuk jaga jarak saat berada di tempat umum.

Baca Juga: Olahraga Jadi Aktivitas Rutin saat Pandemi? Ingat Jangan Berlebihan Jika Tak Ingin Hal Ini Terjadi pada Tubuh...

"Maka usahakan tetap jaga jarak dengan orang lain terutama kalau kita tidak bisa menggunakan masker ketika berolahraga," tegasnya.

“Berdasarkan penelitian, kita harus menjaga jarak sekira 3-4 meter ketika berlari atau 10-20 meter ketika bersepeda dari orang lain. Janganlah pulang membawa penyakit padahal tujuan kita adalah untuk sehat," tambahnya.