Kamu mungkin berpikir bahwa tanganmu dalam keadaan higienis ketika setelah mencuci tangan lanjut menggunakan hand dryer atau pengering tangan di toilet umum. Hal itu mungkin benar adanya, tetapi hair dryer memiliki risiko tersembunyi.

Para ilmuwan menduga bahwa hand dryer dapat membuang banyak bakteri di tangan kita yang baru saja dicuci serta dapat menyebarkan beberapa jenis kuman.

Kemudahannya membuat hand dryer banyak digunakan masyarakat. Ditambah, saat kita mengeringkan tangan dengan hand dryer artinya kita mengurangi sampah tisu yang enggak ramah lingkungan.

Para peneliti di University of Connecticut dan Quinnipiac University bereksperimen dengan menaruh dua wadah di toilet umum selama 2 menit. Satu di bawah hand dryer yang enggak dinyalakan, satu lagi di bawah hand dryer yang menyala.

Baca Juga: Kamu Suka Pakai Tisu Toilet Usai Pipis? Amankah untuk Kesehatan Miss V?

Hal itu menunjukan bahwa wadah yang berada di bawah hand dryer mati mengandung sekitar satu populasi bakteri dan yang menyala lebih banyak lagi hingga 18-60 koloni kuman. Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa bagian terbesar dari bakteri berasal dari udara kamar mandi.

Meskipun ada bukti bahwa hand dryer berbahaya karena membuang kuman di tangan kita yang baru saja dicuci, ternyata sebagian besar mikroba yang ditemukan selama penelitian itu relatif enggak berbahaya dan enggak terlalu berisiko menyebabkan penyakit serius. Dalam beberapa kasus bahkan dapat membawa hasil positif, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tetapi ada beberapa kelompok orang yang perlu ekstra hati-hati. Adalah orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah atau yang sedang masa pemuliha dari penyakit parah.

Baca Juga: Jangan Dianggap Remeh, Ini 3 Dampak Efek Samping Obat yang Perlu Diketahui Menurut Ahli

Untuk menghindari dampak buruk dari hand dryer coba gunakan tisu. Ini merupakan cara yang lebih higienis untuk mengeringkan tangan kita, menurut penelitian ini.