Menu

Hemat ala Anak Kos, Begini Cara Mudah Mengatur Keuangan! Bye Bye Boros.....

21 Juni 2020 12:35 WIB
Hemat ala Anak Kos, Begini Cara Mudah Mengatur Keuangan! Bye Bye Boros.....

Uang dalam jar (Unsplash/Sam Dan Truong)

HerStory, Jakarta —

Beauty, bisa dikatakan di usia remaja menuju dewasa seperti sekarang ini, mengatur keuangan adalah hal yang paling sulit dilakukan. Mungkin di antara kamu ada yang memiliki kemampuan untuk mengatur keuangan dengan baik, tapi banyak pula di antara kamu yang justru sulit menahan diri untuk enggak boros dan berujung sulit mengelola keuangan sendiri.

Terlebih lagi buat kamu yang saat ini sedang merantau dan menjadi anak kos. Semua permasalahan anak kos itu enggak lepas dari kesalahan dalam mengelola keuangan, setuju? Berbagai kebiasaan yang tanpa disadari membuatmu boros menjadi salah satu penyebab keuangan menjadi berantakan. Sampai-sampai belum akhir bulan, kamu sudah enggak punya pegangan uang, huft....

Baca Juga: 10 Kebiasaan Hemat Ala Keluarga Kerjaan Inggris

Enggak perlu risau, enggak perlu galau, yuk intip tips kebiasaan hemat mengatur keuangan anak kos supanya punya uang lebih banyak di akhir bulan seperti yang dikutip dari laman sindikasi Florent BeautyMinggu (21/6/2020).

Mencatat pengeluaran secara rutin

Pertama-tama, kamu bisa mencatat pengeluaran rutin untuk sebulan kedepan. Seperti biaya sewa kos, makan setiap hari, pulsa dan kuota, perlengkapan pribadi (alat mandi dan lain sebagainya), uang trasnportasi, dan lain-lain. Dengan mencatat pengeluaran ini, kamu lebih terarah untuk menggunakan uang yang kamu miliki.

Belanja bulanan sekaligus

Belanja rutin bulanan dilakukan secara mencicil memang terasa ringan. Tapi, tanpa sadar kalau hal itu bisa membuat anggaran belanja rutin kamu malah membengkak lho, Beauty!

Untuk itu, hindari bolak-balik berbelanja kebutuhan bulanan. Hal ini akan membuat kamu sebagai anak kos menjadi boros. Lakukan belanja bulanan secara sekaligus, di mana kamu membeli semua kebutuhan bulanan hanya satu kali saja.

Cari tempat makan yang murah

Kalau tips yang satu ini membantu banget biar kamu lebih hemat, Beauty. Cari tempat makan yang murah dan hindari nongkrong di tempat yang mahal. Jangan sampai, di akhir bulan nanti lagi-lagi harus makan mi instan karena sudah banyak uang yang terbuang demi makan di tempat mahal dan kekinian.

Baca Juga: Isi Kantong Pas-Pasan? Ini Cara Super Hemat Buat Beli Make Up, Catat Baik-Baik Ya!

Jangan menunda melakukan pembayaran

Usahakan melakukan pembayaran tepat waktu, seperti bayar kuliah, biaya kos, atau tagihan lainnya. Begitu mendapatkan uang bulanan dari orang tua, segera bayar tagihan dan jangan menundanya. Enggak cuma mendidik rasa tanggung jawab dan disiplin, tindakan ini juga akan menghindari kamu dari sejumlah masalah yang mungkin terjadi di luar perhitungan anak kos.

Menabung uang receh

Jangan ngeremehin uang receh, Beauty. Meskipun nilainya kcil, mengumpulkan uang receh setiap hari bisa menjadi pertolongan pertama keuangan anak kos di akhir bulan lho. Dibandingkan menabung dengan nominal besar, tentu lebih mudah mengumpulkan uang logam seribuan setiap harinya, Kalau sampai akhir bulan keuanganmu aman, tabungan receh ini bisa dilanjutkan.

Bawa air minum sendiri

Tips selanjutnya ialah membawa air minum sendiri saat berpergian agar kamu enggak perlu membelinya di luar. Walaupun air mineral cukup murah, tapi kalau membawanya sendiri bisa membuatmu jauh lebih hemat. Kalau pun air mineral yang kamu bawa habis, kamu masih bisa mengisi ulang secara gratis di warteg terdekat saat makan siang.

Gunakan waktu luang untuk mencari unag tambahan

Buat kamu yang menjadi anak kos, terutama kalangan mahasiswa, tentu banyak waktu luang bukan? Waktu luang ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari uang tambahan lho! Mulai dari jualan online secara kecil-kecilan atau memanfaatkan keahlianmu untuk menghasilkan uang. Menulis artikel, misalnya, selain mendapatkan uang banyak ilmu baru yang kamu terima bukan?

Semoga bermanfaat!