Menu

Hati-hati Moms! Berenang Bisa Sebabkan Masalah di Vagina, Lho

06 Januari 2022 06:45 WIB
Hati-hati Moms! Berenang Bisa Sebabkan Masalah di Vagina, Lho

Seorang wanita sedang berenang. (Unsplash/Haley Phelps)

HerStory, Rembang —

Berenang memang menjadi salah satu olahraga yang menyehatkan, Moms. Namun berenang ternyata memiliki efek negatif pada kesehatan vagina. Melansir dari Healthshost (5/1/2022), menurut Dr Aruna Kalra, ginekolog senior dan dokter kandungan di RS CK Birla, Gurugram menyatakan bahwa bahan kimia yang ada di dalam kolam renang bisa mengganggu keseimbangan pH vagina.

"Bahan kimia yang disebut kaporit sering digunakan untuk membersihkan kolam renang karena air di kolam merupakan tempat berkembang biaknya bakteri," ujar dokter Karla.

"Bahan kimia ini bermanfaat karena membunuh bakteri yang ada di dalam air. Namun, semua bakteri tidak buruk. Vagina kita memiliki bakteri baik yang membantu menjaganya tetap sehat. Tapi saat kita memasuki kolam, klorin yang ada di dalamnya membunuh bakteri baik dan mengganggu keseimbangan pH vagina," jelasnya.

Beberapa infeksi yang kemungkinan bisa muncul akibat berenang, yaitu:

1. Infeksi jamur

Klorin mempengaruhi keseimbangan pH vagina, sehingga meningkatkan kemungkinan jamur untuk tumbuh sehingga menyebabkan infeksi jamur.

2. Peradangan

Klorin juga dapat menyebabkan peradangan karena mengganggu keseimbangan pH vagina, Moms. Ini juga bisa menyebabkan reaksi alergi pada vagina yang membuatnya bengkak atau gatal.

Baca Juga: Mitos Atau Fakta Vagina Berdarah di Malam Pertama Tanda Masih Perawan?

Baca Juga: Hati-Hati! Bersihkan Miss V Pakai Sabun Bikin Bahaya

Baca Juga: Kamu Suka Pakai Tisu Toilet Usai Pipis? Amankah untuk Kesehatan Miss V?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Sri Handari