Setelah beraktifitas sepanjang hari, mandi menjadi rutinitas yang paling ditunggu oleh banyak orang karena mandi bisa membuat tubuh kembali segar dan juga bersih. Tetapi ternyata mandi enggak hanya sekedar untuk membasahi dan membersihkan badan saja lho! Kalau kamu ketika mandi enggak melakukannya dengan benar malah akan timbul masalah untuk tubuhmu.

Beberapa kebiasaan yang salah masih sering dilakukan oleh banyak orang, hal ini dikarenakan ketidaktahuan mereka mengenai kesalahan yang sering dilakukan ketika mandi. Berikut ini HerStory sudah merangkum (25/06/2020) empat kebiasaan mandi yang ternyata enggak baik untuk kesehatan kita.

Mandi Menggunakan Air Hangat Terlalu Lama

Baca Juga: Beraktifitas Sepanjang Hari Bikin Rambut Kamu jadi Mudah Bau, Coba Pake Cara ini Deh Biar Wangi Rambutmu Lebih Tahan Lama!

Baca Juga: Mau Potong Rambut Tapi Masih Ragu? Ini dia 5 Manfaat Memiliki Rambut Pendek, Biar Kamu Ngga Ragu Lagi!

Mandi dengan air hangat ketika cuaca dingin memang paling enak, tetapi kalau kamu mandi dengan air hangat terlalu lama bisa mengakibatkan kulit badanmu menjadi kering lho. Hal ini disebabkan karena air panas membuat pori-pori dikulitmu terbuka lebar dan mengikis kandungan minyak alami yang dibutuhkan oleh kulit. Lebih baik jika ingin mandi dengan air hangat, mandilah selama 5 hingga 10 menit untuk tetap menjaga kesehatan kulit.

Menggosok Tubuh Terlalu Keras

Menggosok tubuh terlalu keras juga enggak baik untuk tubuhmu. Menggosok tubuh dengan sabun ataupun puff enggak disarankan untuk mandi, karena menggosok tubuh dengan tanganmu saja sudah cukup kok untuk membersihkan kulit dari debu dan kotoran yang menempel. Kalau kamu terlalu keras menggosok tubuh ketika mandi bisa menyebabkan bulu pada tubuhmu rontok.

Keramas Setiap Hari

Baca Juga: Habis Keramas Langsung Tidur? Ini 6 Bahaya Tidur dengan Rambut Basah!

Baca Juga: Ini Lho Manfaat Kulit Kentang untuk Kamu yang Memiliki Rambut Beruban!

Keramas memang dipercaya bisa membuat rambut kita menjadi lebih segar dan sehat namun kalau kamu melakukannya setiap hari juga enggak bagus untuk rambutmu karena bisa menyebabkan rambut menjadi mudah lepek dan semakin mudah untuk berminyak. Selain itu, menggunakan sampo terlalu sering juga akan mengakibatkan menghilangkan minyak alami dari rambut dan kulit kepala. Hal itu akan mengakibatkan kepala memproduksi lebih banyak minya untuk melembapkan rambut kita.

Mengeringkan Rambut dengan Handuk

Ternyata mengeringkan rambut dengan handuk juga enggak disarankan lho, Beauty! Hal ini dikarenakan ketika rambut dalam keadaan basah maka rambut kita berada diposisi sangat beresiko rapuh dan rentang sekali terhadap kerusakan. Struktur handuk yang kasar bisa membuat kandungan folikel pada rambut menjadi rusak dan membuat rambut menjadi pecah-pecah. Sebaiknya setelah keramas kamu cukup membungkus rambut kamu dengan handuk saja ya!

Wah, kebiasaan mana nih yang masih sering kamu lakukan, Beauty? Mulai sekarang harus dikurangi ya supaya tetap menjaga kesehatan tubuhmu!