Menu

Merapat Moms! Lakukan 4 Cara Sederhana Atasi Baby Blues

12 Januari 2022 13:35 WIB
Merapat Moms! Lakukan 4 Cara Sederhana Atasi Baby Blues

Ilustrasi depresi postparum pada ibu usai melahirkan (Getty Images/Edited by HerStory)

HerStory, Medan —

Baby blues merupakan gangguan mental yang biasanya dialami oleh ibu setelah melahirkan. Kondisi ini menyebabkan perubahan hati yang ekstrim yang mana Moms mudah merasa sedih, lelah, marah, hingga menangis tanpa alasan yang jelas.

Biasanya gangguan ini terjadi sejak minggu pertama hingga kedua pasca melahirkan. Keluhannya memang tak selalu dirasakan, bisa hilang dan timbul kapanpun. Namun, penanganan yang tepat harus dilakukan agar tak berkembang menjadi depresi pasca melahirkan (postpartum depression)

Beberapa hal yang dapat Moms lakukan untuk mengatasi baby blues telah Herstory rangkum. Yuk, simak artikel berikut ini Moms.

1. Tidur yang cukup

Pastikan waktu tidur Moms tercukupi. Diskusilah dengan pasangan untuk bergantian menjaga si kecil jika terbangun di malam hari.

2. Jangan memaksakan diri

Moms, ingatlah jika tubuh dan mental juga butuh waktu beristirahat. Jangan paksakan diri untuk melakukan segala hal.

Hal tersebut akan membuatmu merasa terbebani hingga kewalahan. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari orang terpercaya, yah.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.