Menu

5 Penyebab Sering Mengantuk Setelah Minum Kopi, Ternyata...

Jasmine Rahmanizahra Sumirat
15 Januari 2022 15:05 WIB
5 Penyebab Sering Mengantuk Setelah Minum Kopi, Ternyata...

Kopi Kekinian. (Unsplash/Tyler Nix)

HerStory, Bandung —

Kopi merupakan minuman yang mengandung kafein yang bisa menjadi stimulan tubuh. Hal ini yang membuat kopi menjadi minuman pagi andalan banyak orang.  

Pasalnya, kafein di dalam kopi bisa mengusir kantuk, meningkatkan fokus, dan membangun mood positif sehingga tubuh siap digunakan untuk beraktivitas seharian. Namun beberapa orang justru mengalami reaksi kontra selepas menyesap kafein dari kopi. Bukan terjaga dan fokus yang didapatkan, namun justru merasa lemas, lelah, juga mengantuk. Kira-kira kenapa ya? Yuk, simak penjelasan berikut!

1. Gangguan tidur 

Kafein bisa mengganggu jam tidur seseorang. Ketika semalaman kurang tidur, mereka akan lebih banyak mengonsumsi kopi di pagi hari untuk mengusir kantuk dan mendapatkan semangat. 

Akibatnya justru membuat seseorang memiliki gangguan tidur atau menyebabkan fatigue dan kelelahan panjang hari demi hari meski setiap pagi sudah menyesap secangkir kopi.

2. Level toleransi kafein 

Jika awalnya secangkir kecil kopi bisa langsung membuat terjaga dan fokus, selepas beberapa waktu mengonsumsi kopi secara rutin, tubuh akan membangun toleransi kafein. Imbasnya, efek kafein dari secangkir kecil kopi tak akan dirasakan semaksimal dahulu.

3. Dehidrasi 

Kopi adalah zat diuretik, yakni zat yang bisa memicu tubuh memproduksi urine berlebih sehingga membuat kita lebih sering buang air kecil. 

Selepas minum kopi dan kita kehilangan banyak cairan tubuh serta tak menggantinya dengan asupan air yang cukup, maka tubuh akan mengalami dehidrasi.