Menu

6 Efek Samping Minum Kolagen, Salah Satunya Tingkatkan Risiko Batu Ginjal

17 Januari 2022 12:45 WIB
6 Efek Samping Minum Kolagen, Salah Satunya Tingkatkan Risiko Batu Ginjal

Ilustrasi seorang perempuan minum susu (Pexel/Cottonbro)

HerStory, Bandung —

Kolagen memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya dalah untuk menjaga kecantikan kulit agar tetap lembut dan kenyal. Kini, banyak produk yang mengandung kolagen dengan bentuk tablet atau minuman. 

Namun, ternyata kolagen juga memiliki efek samping jika terlalu sering dikonsumsi lho, kira-kira apa saja? Yuk, simak penjelasan berikut, dilansir dari berbagai sumber, Senin (17/1/2022).

1. Mengganggu kesehatan pencernaan

Kandungan protein yang berlimpah dalam minuman kolagen dapat menyebabkan sejumlah gangguan pencernaan, seperti konstipasi, diare, kembung, serta penurunan nafsu makan, jika tidak diimbangi dengan konsumsi serat dan cairan yang memadai.

2. Sensitif terhadap kandungan kolagen

Sebagian orang memiliki sensitivitas tinggi terhadap kandungan protein kolagen, terutama asam glutamat bebas. Hal ini bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti kepala ringan atau sulit tidur.

3. Berisiko menyebabkan batu ginjal

Salah satu efek samping kolagen yang tergolong serius adalah meningkatkan risiko berkembangnya batu ginjal. Risiko efek samping ini bisa lebih besar terjadi jika kamu memiliki riwayat batu ginjal kalsium oksalat.

Untuk itu, kamu perlu membatasi konsumsi suplemen kolagen tidak lebih dari 5-6 gram per hari atau sekitar 1 sendok makan. Kamu juga harus menyeimbanginya dengan banyak minum air.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.