Menu

Moms Begini Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi, Jangan Panik Dulu!

Cherryn Lagustya
18 Januari 2022 16:30 WIB
Moms Begini Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi, Jangan Panik Dulu!

Ilustrasi dokter sedang memeriksa bayi yang sakit. (Freepik/rawpixel.com)

HerStory, Bekasi —

Orang tua mana yang gak khawatir ketika buah hati mereka sakit. Ya, tentu tiap orang tua gak ingin anak mereka jatuh sakit. Salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi pada bayi ialah perut kembung.

Perut kembung pada bayi kerap membuat si kecil gak nyaman, sehingga menjadi rewel dan sering menangis. Sebenarnya, perut kembung pada bayi hingga usia 3 bulan termasuk hal yang wajar. Hal tersebut karena memang saluran pencernaannya belum berfungsi sempurna.

Lantas, bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi? 

Bersendawa

Cara ini merupakan yang paling mudah untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Bayi perlu bersendawa selama dan setelah menyusui. Jika bayi gak langsung bersendawa sesaat usai menyusui, coba baringkan dalam posisi terlentang selam beberapa menit. 

Beri pijatan lembut

Moms juga bisa memberi pijatan pada perut bayi searah jarum jam. Pijatlah dengan lembut menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih hingga ia merasa hangat dan nyaman. Gerakan memijat dengan lembut ini juga akan membuat badan bayi terasa lebih rileks.

Tengkurap

Posisi tengkurap juga dapat membantu mendorong udara di perut hingga keluar. Namun, bayi yang terlalu lama berbaring juga gak baik, karena bisa menghambat proses pencernaan bayi dan sembelit.

Gendongan bayi

Menggendong bayi dengan gendongan juga salah satu cara meredakan sakit kembung bayi lho Moms. Pastikan bayi berada dalam posisi nyaman dan mampu menggerakkan kepalanya dan bernapas dengan bebas saat berada dalam gendongan.