Menu

Awas! Gangguan Kecemasan Bisa Picu Penyakit Jantung, Hempaskan dengan Cara Ini Beauty

19 Januari 2022 13:33 WIB
Awas! Gangguan Kecemasan Bisa Picu Penyakit Jantung, Hempaskan dengan Cara Ini Beauty

Ilustrasi anak yang sedang stres. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, kita semua pasti pernah mengalami cemas dan stres, kan? Tapi, waspada ya jika kondisi tersebut terjadi berulang-ulang, bisa jadi kamu memang mengalami gangguan kecemasan, Beauty.

Berbicara soal gangguan kecemasan sendiri, kondisi ini jangan diremehkan. Pasalnya, hal ini dapat memengaruhi kehidupan sehari-harimu, Beauty. Di Amerika sendiri, diperkirakan 40 juta orang dewasanya, atau 19,1i populasinya, berurusan dengan jenis gangguan kecemasan.

Mulai dari rasa takut dan khawatir yang berlebihan hingga jantung yang berdebar kencang, dada yang berdebar kencang, dan sesak napas, gejala kecemasan dapat berdampak buruk pada tubuh, terutama jantung.

Tapi, dengan intervensi yang tepat, kamu dapat belajar mengatur detak jantung dan mengurangi dampak kecemasan terhadap kesehatan jantungmu, Beauty. Dengan cara apa?

Simak tipsnya berikut ini sebagaimana dikutip dari Insider.com, Rabu (19/1/2022).

Kecemasan meningkatkan detak jantung dan berhubungan dengan penyakit jantung

Gangguan kecemasan berhubungan dengan takikardia atau detak jantung yang cepat, menurut Johns Hopkins Medicine. Seiring waktu, ini dapat memberi tekanan ekstra pada jantung, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sebagai contoh, sebuah meta-analisis 2010 menemukan bahwa mereka yang mengalami kecemasan memiliki 26% peningkatan risiko terkena penyakit arteri koroner, yang merupakan jenis penyakit jantung yang paling umum.

Menurut tinjauan 2016 di laporan Psikiatri, gangguan kecemasan juga dikaitkan dengan gagal jantung, dan kesehatan kardiovaskular yang buruk secara keseluruhan.

Brian Isaacson, MD, MBA, Direktur Program Departemen Psikiatri di AtlantiCare Regional Medical Center, mengatakan, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang dengan kecemasan memiliki peningkatan tingkat gangguan irama jantung, termasuk palpitasi dan detak prematur.

Baca Juga: Tampak Sepele dan Sering Diabaikan, Stres Berlebihan Bisa Picu Penyakit Mematikan Lho Beasuty

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Gampang Banget Panik dan Stres di Segala Situasi, Termasuk Kamu Gak Beauty?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.