Menu

5 Kondisi Kesehatan yang Mengancam Nyawamu! Gegara Kurang Asupan Protein

20 Januari 2022 20:10 WIB
5 Kondisi Kesehatan yang Mengancam Nyawamu! Gegara Kurang Asupan Protein

Ilustrasi makanan sumber protein (Elements Envato)

HerStory, Rembang —

Moms, untuk menjaga kesehatan, tubuh membutuhkan asupan nutrisi lengkap, salah satunya protein. Protein ini merupakan bahan pembangun otot, kulit, enzim dan hormon. Karenanya, protein berperan penting dalam semua jaringan tubuh.

Nah, kekurangan protein bisa menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan. Beberapa kondisi kesehatan yang bisa mengancam nyawamu akibat kekurangan asupan protein, yaitu:

1. Edema

Penyakit ini ditandai dengan kulit yang membengkak. Melansir laman Healthline, Kmais (20/1/2022), para ilmuwan percaya gejala ini disebabkan oleh jumlah albumin serum manusia yang rendah. Albumin itu sendiri merupakan protein paling melimpah di bagian plasma darah.

Salah satu fungsi utama albumin yaitu untuk mempertahankan tekanan onkotik. Tekanan ini merupakan kekuatan yang menarik cairan ke dalam sirkulasi darah. Dengan begitu, albumin bisa mencegah jumlah cairan yang berlebihan terakumulasi di jaringan atau kompartemen tubuh lainnya.

Jika kadar albumin serum menurun, kekurangan protein yang parah menyebabkan tekanan onkotik lebih rendah, Beauty. Akibatnya, cairan akan menumpuk di jaringan tertentu sehingga terjadilah pembengkakan.

Halaman: