Menu

Waspada! Stres Dapat Menambah Kalori Setara Mengonsumsi Dua Hamburger

01 Februari 2020 13:15 WIB
Waspada! Stres Dapat Menambah Kalori Setara Mengonsumsi Dua Hamburger

seorang wanita dengan wajah tampak murung dan rambut yang berantakan. (Unsplash/Riccardo Mion)

HerStory, Jakarta —

Tanggung jawab dari pekerjaan dan keluarga adalah 2 alasan utama mengapa wanita merasa stres. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa stres ini mungkin lebih memprihatinkan daripada kelihatannya karena bukan hanya dapat mempengaruhi pikiran tetapi juga kesehatan fisik.

Sekelompok ahli dari Universitas Yale mempelajari hubungan antara peristiwa yang menimbulkan stres dengan perubahan berat badan. Hasilnya mengungkapkan bahwa hubungan itu tidak baik untuk tubuh.

Stres dan kecemasan bukan hanya membahayakan tubuh manusia, tetapi juga mendorongnya untuk menambah berat badan secara enggak terkendali hingga memberikan sebanyak 300 kalori pada tubuh. 300 kalori sama seperti jumlah kalori yang ada di dua hamburger!

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa stres memicu peningkatan kadar kortisol. Kelebihan kortisol ini yang terletak di area penyimpanan darah dan lemak menghasilkan sekitar 300 kalori. Masalah sebenarnya adalah bahwa stres juga menyebabkan lonjakan nafsu makan yang menyebabkan makan berlebihan. Kemudian menimbulan rasa cemas juga akan bertambah berat badan secara konsisten.

Baca Juga: Penelitian: Menonton Film Horor Dapat Menurunkan Berat Badan

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli dari Ohio State University, wanita yang stres dan mengonsumsi makanan berkalori tinggi dan berlemak merespons kalori dengan menyimpan lemak di sekitar pinggang mereka. Penelitian ini juga dikonfirmasi oleh banyak ilmuwan dari University of California, University of New York, dan Yale University.

Terlebih lagi, hubungan stres dan makanan berkalori tinggi ini membuat metabolisme berjalan lebih lambat yang membuat lebih banyak penyimpanan lemak. Mungkin juga disebabkan wanita yang stres memiliki kadar insulin yang lebih tinggi, hormon yang meningkatkan penyimpanan lemak.

Wanita yang mengalami stres, cenderung membakar 104 kalori lebih sedikit daripada yang tidak. Meskipun itu mungkin enggak terlihat banyak, seiring berjalannya waktu dokter menjelaskan bahwa itu dapat menambah hingga 11 pound selama setahun

Untuk menghidarkan diri dari stres, kamu enggak perlu lepas dari tanggung jawab sehari-hari. Namun, kamu harus mencari waktu untuk bersantai dan mengisi ulang energi setiap hari. Cobalah mendengarkan musik yang menenangkan, berjalan-jalan, berolahraga, atau menemukan hobi baru untuk menghabiskan waktu.

Baca Juga: Rentan Serang Wanita, Yuk Kenali Penyakit Kista! Penyebab hingga Jenisnya…

Baca Juga: Scalp Scrub: Enggak Cuma Wajah, Kulit Kepala Juga Butuh di Scrub Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.