Menu

Duh, Banyak yang Gak Tahu! 5 Sayur Ini "Biang Kerok" Glaukoma yang Bisa Picu Kebutaan

21 Januari 2022 13:00 WIB
Duh, Banyak yang Gak Tahu! 5 Sayur Ini "Biang Kerok" Glaukoma yang Bisa Picu Kebutaan

Ilustrasi kesehatan mata. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Glaukoma merupakan penyakit mata yang menjadi penyebab kebutaan. Terdapat sekitar 5,7 juta orang di seluruh dunia yang menjadi buta karena penyakit mata satu ini.

Penyebab utama dari glaukoma adalah meningkatnya tekanan intraokular (TIO). Kondisi ini terjadi akibat peningkatan cairan di dalam mata yang menyebabkan kerusakan saraf optik.

Semua orang dapat mengalami kondisi ini, bahkan juga bayi yang baru lahir. Untuk mengobati glaukoma biasanya dokter akan mengurangi tekanan cairan dengan menggunakan obat anti-glaukoma tertentu, terapi laser atau operasi mata.

Sebelum mengobati, sebaiknya kamu mencegah agar mata tidak terkena penyakit glaukoma. Berikut adalah makanan yang bisa mengurangi risikonya, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (21/1/2022).

1. Ikan

Tuna, salmon, dan mackerel mengandung EPA dan DHA, sejenis lemak omega-3 yang membantu meningkatkan suplai darah ke mata dan mencegah kerusakan saraf optik.

2. Jeruk

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di antara 584 wanita Afrika-Amerika, ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih dari dua porsi jeruk segar per minggu berisiko rendah terkena glaukoma.