Menu

Sering Diabaikan! Ini Lho Moms 4 Kebiasaan yang Membuat Si Kecil Rentan Pilek

21 Januari 2022 16:30 WIB
Sering Diabaikan! Ini Lho Moms 4 Kebiasaan yang Membuat Si Kecil Rentan Pilek

Ilustrasi anak batuk-batuk (africa-studio.com/Olga Yastremska and Leonid Yastremskiy)

HerStory, Bekasi —

Gak hanya orang dewasa saja, anak kecil juga sering terkena pilek. Bayi dan balita sering mengalami pilek delapan hingga sepuluh tahun sebelum mereka berusia dua tahun. Setelah terkena virus flu, anak akan menjadi kebal terhadap virus tersebut. Itulah sebabnya anak-anak mengalami lebih sedikit pilek seiring bertambahnya usia.

Setelah virus memasuki tubuh anak, itu menyebabkan reaksi. Sistem kekebalan tubuh mulai bereaksi dan melawan virus asing. Kondisi ini ditandai dengan:  

  • Peningkatan produksi lendir (hidung meler)
  • Pembengkakan pada lapisan hidung (sehingga sulit bernapas dan tersumbat)
  • Bersin (dari iritasi di hidung)
  • Batuk (dari peningkatan lendir yang menetes ke tenggorokan)

Menurut para ahli, frekuensi pilek ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh anak masih berkembang sehingga belum mampu melawan serangan virus sebaik imunitas orang dewasa. 

“Kebanyakan anak (balita) menghadapi serangan virus untuk pertama kalinya, sehingga imunitas mereka belum mampu membunuh serangan virus dengan cepat,” kata Carol J. Baker, M.D., dosen bidang pediatri di Baylor College of Medicine di Houston.

Berikut kebiasaan yang sering jadi pemicu pilek pada Si Kecil.

Malas mencuci tangan

Anak-anak sangat suka menyentuh dan memegang benda di sekitarnya. Padahal benda-benda tersebut umumnya penuh dengan virus dan kuman penyebab penyakit. Saat memegang benda-benda tersebut, virus atau kuman akan berpindah ke tangan Si Kecil.

Oleh sebab itu, ajarkan Si Kecil untuk rutin mencuci tangannya dengan air bersih dan sabun, terutama sebelum dan sesudah makan, setelah buang air kecil dan buang air besar, serta setelah bermain. Pada awalnya, anak mungkin akan sering lupa atau mengabaikannya. Sebagai orang tua, mom pun harus rutin mengingatkannya.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya