Menu

Stop Makan Daging! Protein Nabati Ini Terbukti Lebih Lindungi Jantung Wanita Lho

24 Januari 2022 07:20 WIB
Stop Makan Daging! Protein Nabati Ini Terbukti Lebih Lindungi Jantung Wanita Lho

Ilustrasi serangan jantung. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, apakah kamu pencinta daging?

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa terlalu banyak memakan daging mungkin akan berefek gak baik bagi wanita di atas usia 50 tahun, lho.

Ya, sebuah penelitian yang dipresentasikan pada konferensi 2016 American Heart Association itu mengungkapkan bahwa makan makanan berprotein tinggi, termasuk banyak daging, dapat memicu risiko gagal jantung yang lebih tinggi pada wanita pasca-menopause.

Yang mengkhawatirkan, para peneliti menghubungkan makan dalam jumlah tinggi protein total makanan hampir dua kali lipat risiko gagal jantung pada wanita di atas 50. Ini berbanding terbalik dengan wanita di atas 50 yang makan lebih sedikit protein diet total atau yang makan lebih banyak protein nabati.

Dr. Mohamad Barbour, peneliti utama studi tersebut, mengatakan, pihaknya menemukan bahwa dengan meningkatkan total asupan protein makanan, ada peningkatan yang signifikan secara statis dalam kejadian gagal jantung.

“Asupan protein total yang lebih tinggi (dikalibrasi), tampaknya terkait dengan peningkatan risiko gagal jantung secara substansial sementara asupan protein nabati tampaknya melindungi terhadap pengembangan gagal jantung. Studi lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi hubungan ini.”