Menu

Sering Begadang? Jangan Heran Kalau 5 Dampak Negatif Ini Terjadi Pada Tubuh Kamu

26 Januari 2022 13:00 WIB
Sering Begadang? Jangan Heran Kalau 5 Dampak Negatif Ini Terjadi Pada Tubuh Kamu

Kebiasaan buruk begadang ternyata membahayakan bagi wanita. (Unsplash)

HerStory, Bandung —

Mungkin kamu sering kali begadang ketika melakukan pekerjaan atau sedang belajar. Begadang sendiri perlahan-lahan mulai menjadi kebiasaanmu setiap hari. 

Normalnya, orang dewasa harus mencukupi tidurnya minimal 7-9 jam perhari agar terhindar dari keletihan dan kelelahan. Jika kamu sering begadang, kemungkinan kamu akan terkena dampak negatif berikut ini, dilansir dari berbagai sumber, Rabu (26/1/2022).

1. Penuaan dini

Jika sering begadang, tubuh akan lebih banyak memproduksi hormon stres yang dapat merusak kolagen pada kulit. Sehingga kulit akan lebih kusam dan cepat kering. Selain itu, sering begadang juga membuat penampilan di sekitar wajah, utamanya area mata akan tampak lingkaran hitam.

2. Mudah lupa

Efek buruk selanjutnya dari begadang adalah mudah lupa. Saat tidur tubuh akan meregenerasi semua jaringan dan sel yang ada di otak. Jika kurang tidur, maka tidak akan ada proses regenerasi pada otak sehingga otak akan mudah lupa dan kesulitan melakukan konsentrasi

3. Penurunan gairah seksual

Saat tubuh keletihan akibat sering begadang maka gairah seksual juga akan menurun. Dibutuhkan tubuh yang bugar untuk meningkatkan gairah bercinta, yakni dengan rutin tidur dan kurangi begadang.

4. Peningkatan risiko gangguan mental

Sering begadang juga berisiko pada gangguan mental seperti kecemasan bahkan depresi. Bahkan dalam riset, kurang tidur juga membuat fungsi otak rentang mengalami kerusakan dan juga akan mengalami insomnia.