Menu

Seringkali Memar Tanpa Sebab yang Jelas Moms? Bisa Jadi Tanda Penyakit...

Sri Handari
26 Januari 2022 15:20 WIB
Seringkali Memar Tanpa Sebab yang Jelas Moms? Bisa Jadi Tanda Penyakit...

kulit memar (google image/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Memar setelah terbentur menjadi hal yang wajar, ya Moms. Tapi beberapa orang sering mendapati tubuhnya memar tanpa sebab yang jelas. Munculnya ruam ini terjadi akibat dari pecahnya oembuluh darah kecil pada salah satu bagian tubuh, misalnya paha atau lengan.

Meski begitu, memar tanpa sebab yang jelas patut diwaspadai, ya Moms. Pasalnya ada beberapa penyakit kronis dengan gejala berupa memar. Beberapa penyakit tersibut, yakni:

1. Hemofilia

Hemofilia merupakan kurangnya protein tertentu pada tubuh sehingga menyebabkan darah sukar membeku. Tingkat keparahan setiap pasien hemofilia ini tak sama. 

Beberapa pasien mengalami memar tanpa sebab, sementara lainnya akan memar kalau tubuhnya terbentur sesuatu. Penyakit ini termasuk penyakit langka yang bisa menyebabkan kematian, lho Moms.

2. Diabetes Tipe 2

Memar ternyata juga bisa menjadi gejala penyakit diabetes tipe 2, lho. Pasalnya, pasien diabetes yang mengalami resistensi insulin kerap mengalami memaar-memar pada kulit yang disebabkan karena rusaknya pembuluh darah di beberapa bagian tubuh.

Share Artikel: