Menu

6 Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama di Rumah yang Wajib Kamu Coba

09 Februari 2022 10:30 WIB
6 Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama di Rumah yang Wajib Kamu Coba

Ilustrasi Work From Home (WFH). (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Medan —

Menjaga kesehatan mental sama pentingnya seperti menjaga kesehatan fisik. Apalagi, di masa pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai ini, ada keluhan yang datang soal gangguan mental yang dialami banyak orang.

Psikolog Indah Sundari menyebutkan ada gangguan psikosomatis yang kerap menyerang. Akibatnya seseorang merasa sakit fisik namun tak ada gejala pada fisiknya. Pemicu gangguan ini adalah stres, panik, hingga cemas.

Indah Sundari memberikan beberapa tips yang dapat kamu lakukan guna menjaga kesehatan mental, Beauty. Ia menegaskan bahwa tips ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan diri masing-masing, yah.

1. Beradaptasi dengan Situasi

Menurut Indah Sundari sebelum melakukan aktivitas, sebaiknya beradaptasi dulu dengan situasi pandemi yang sedang terjadi. Pasalnya, semakin kita menerima perubahan yang terjadi, maka kemampuan untuk berkembang juga akan semakin baik.

“Berhenti untuk fokus pada problem-nya (masalahnya), mulailah untuk fokus pada solusinya karena proses perubahan akan lebih mudah terjadi ketika kita acceptance (penerimaan) situasinya dulu. Ketika kita berdamai dan mencoba menyesuaikan diri dengan lingkungan,” ungkap Indah Sundari dalam acara virtual Self-Healing Lewat Berkarya Bareng Tokopedia yang diselenggarakan pada Selasa (8/2/2021).

2. Memilah Informasi

Batasilah informasi yang kamu terima. Pasalnya, gak semua informasi harus kamu terima di saat yang sama sebab akan memberikan beban berlebih pada pikiran. Oleh karena itu, hindarilah membaca atau menonton informasi yang membuat stres, cemas, panik, hingga takut.

3. Melakukan Hobi

Salah satu cara yang mudah untuk membangkitkan rasa senang adalah dengan melakukan kegiatan yang digemari. Indah Sundari menyarankan untuk melakukan hobi untuk menunjang kondisi kesehatan mental hingga produktivitas.

“Membeli barang yang sifatnya sesuai dengan hobi kita itu bisa membantu proses menjaga kesehatan mental kita karena basic-nya (pada dasarnya) itu adalah hal yang kita sukai. Ketika kita melakukan hal yang kita sukai, banyak hormon yang secara fisik maupun aspek-aspek psikis yang tergugah sehingga membuat kita merasa bahagia,” ujarnya.

Baca Juga: Moms, Terlalu Overparenting Bisa Berdampak Buruk untuk Tumbuh Kembang Anak, Begini Cara Atasinya...

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Paling Mungkin Menderita Gangguan Kecemasan saat Menjalin Hubungan, Kamu Bukan?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.