Beauty, tahukah kalau ada makanan yang memang bisa memberi dorongan energi dan manfaat yang bikin bahagia? Makan makanan sehat juga bisa bikin suasana hati jadi senang, lho! Makanan-makanan sehat yang lezat di bawah ini mengandung nutrisi baik yang telah terbukti mampu memberikan dorongan energi, menurunkan kadar hormon stres kortisol dan meningkatkan kadar hormon bahagia yaitu serotonin. Nah, ini dia 3 makanan dan menu diet sehat yang bisa bikin mood jadi lebih baik dan ceria sepanjang hari!

1. Jeruk

Beauty, gunakan serabut putih pada jeruk, ya! Jeruk adalah gudangnya vitamin C jadi vitamin C memiliki manfaat yang beragam, bukan cuma meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini sudah terbukti ampuh mengurangi efek fisik dan psikologis dari tekanan stres, lho! Kadar vitamin C paling tinggi dalam tubuh ditemukan secara alami di kelenjar adrenalin dan penelitian menunjukkan bahwa stres dapat menguras persediaan vitamin C dalam tubuh. Itulah sebabnya orang yang memiliki kadar vitamin C tinggi gak menunjukkan tanda stres mental dan fisik yang diharapkan saat mengalami tantangan psikologis akut. Terlebih lagi, mereka dilaporkan bisa lebih cepat bangkit kembali dari situasi stres daripada orang dengan kadar vitamin C rendah dalam darah mereka, lho!

2. Kacang mete

Beauty gak perlu harus makan kacang mete di waktu hari raya lebaran saja. Kacang mete bisa dikonsumsi kapan saja, lho! Selain itu, makanan sehat ini dinobatkan sebagai salah satu pereda stres yang paling ampuh di antara semua jenis kacang. Ini karena kacang mete mengandung kadar zinc yang tinggi per onsnya mencukupi 11 persen kebutuhan harianmu, Beauty. Kadar zinc yang rendah dalam tubuh telah dikaitkan dengan kecemasan tinggi dan kecenderungan depresi. Apalagi karena tubuhmu gak memiliki fasilitas untuk menyimpan cadangan zinc, maka kamu harus mendapatkan asupannya setiap hari seperti dari kacang mete.

Baca Juga: Waw! Menurut Studi Kacang Pistachio Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

Baca Juga: Ini Deretan Makanan yang Aman di Konsumsi Sebelum Tidur, Dijamin Nggak Bikin Gendut!

3. Yoghurt

Terakhir, yoghurt ini pas banget saat buka puasa, Beauty. Sebuah studi UCLA 2013 di antara 36 wanita sehat mengungkap bahwa mengonsumsi probiotik dalam yogurt mengurangi aktivitas otak di daerah yang menangani emosi, termasuk stres, dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi yogurt tanpa probiotik atau tanpa yogurt sama sekali. Penelitian ini kecil sehingga masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan hasilnya. Gak ada salahnya untuk ngemil yogurt sebagai cara menghilangkan stres. Apalagi yogurt juga mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya seperti protein dan kalsium.

Itu dia makanan sehat buat diet yang perlu kamu coba, Beauty!