Tempat tidur yang rapi dan bersih penting banget buat bikin badan lebih rileks, Beauty. Kalau tidurmu nggak nyaman, kesehatan fisikmu bisa berkurang, lho!

Dilansir dari healtgrades.com, lingkungan nggak cuma mempengaruhi seberapa cepat kamu bisa tidur, tetapi juga soal kemampuanmu untuk bisa tidur nyenyak. Hal ini disampaikan oleh Ilene Rosen, M. D., dokter di bidang tidur, penyakit dalam, dan obat paru-paru dari pusat kesehatan Penn Medicine, AS.

Makanya, kamarmu harus ada dalam keadaan terbaik supaya kamu bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Kamar yang punya jendela juga lebih nyaman, lho. Rutin membuka jendela setiap siang bisa membuat kamarmu nggak lembab, Beauty!

Baca Juga: Wadaw! Daging Beku? Lakukan 3 Cara Aman Supaya Daging Bisa Diolah

Baca Juga: Aman! Ini Tanda-tanda Kalau Krim Wajah Cocok Kamu Gunakan

Kamu juga bisa memasang aromaterapi dan menjauhkan diri dari perangkat elektronik. Tapi yang paling penting lagi adalah kebersihan seprai dan kasur juga harus diperhatikan.

Menurut studi dari National Sleep Foundation, 7 dari 10 orang mengaku bisa tidur lebih nyenyak kalau seprai mereka beraroma segar. Tapi kamu pasti merasa kalau seprai dan sarung bantal gulingmu ini masih bersih, ya? Hati-hati, lho!

Para ahli menyarankan supaya kamu mencuci atau mengganti seprai paling nggak seminggu atau sepuluh hari sekali. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari masalah kulit dan kesehatan. 

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), tubuhmu setiap malam akan melepaskan sekitar 30 - 40 ribu sel kulit mati.Kebayang kan, kalau serpihan kulit mati tersebut menempel pada seprai dan bercampur dengan keringat serta debu. 

Baca Juga: Wow! Ternyata Ini Cara Menyamarkan Luka Wajah!

Baca Juga: Wow! Ternyata Inilah Rahasia Kecantikan yang Jarang Diungkap!

Pasti seprai dan sarung bantal akan dipenuhi dengan bakteri, kuman dan jamur yang bisa membuat tubuh dan kulit menjadi nggak sehat. Kamu bisa lebih mudah jerawatan, alergi, dan gatal-gatal hingga iritasi karena tungau dan bakteri. Aduh, bahaya banget, kan! 

Jadi, kamu harus lebih rajin lagi mencuci seprai, ya. 

Kalau biasanya dilakukan sebulan sekali, sekarang pastikan kamu mencucinya seminggu sekali. Atau paling nggak 10 hari sekali juga bisa.

Pastikan juga kamu juga harus mandi sebelum tidur agar sel-sel kulit mati dan kotoran pada tubuh sudah bersih dan nggak akan menempel pada seprai, Beauty!