Moms, mendidik anak ada banyak banget jenisnya ya, apa saja bisa diajarkan kepada anak demi menunjang masa depannya yang berwawasan luas. Pendidikan seks sendiri hal yang penting untuk Moms ajarkan pada anak sejak dini. 

Fungsinya adalah sebagai salah satu benteng untuk melindungi anak dari tindak kekerasan atau pelecehan seksual. Zaman yang makin parah ini bikin Moms harus makin waspada, ya.

Dilansir dari beberapa sumber, psikolog Anak dan Remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo menjelaskan, anak-anak yang mendapatkan pendidikan seks biasanya akan menjadi lebih berhati-hati kalau bertemu dengan orang baru atau nggak dikenalnya dibandingkan dengan anak yang nggak mendapatkan pendidikan tersebut. 

Baca Juga: 5 Tips Jitu Merawat dan Mengasuh Anak Kembar, Moms Cata Baik-Baik Ya!

Baca Juga: Anak Enggak Punya Ekspresi? Waspada Moebius Syndrome, Moms!

Apalagi kalau anak masih dalam usia balita.

Umumnya, rasa ingin tahu anak balita tinggi banget. Makanya, Vera menganjurkan agar para orang tua bisa memberikan pendidikan seks sedini mungkin, sebelum anak memasuki masa pubertas. 

"Walaupun anak balita belum mengerti 100 persen, paling enggak dia sudah terbiasa mendengar bagian tubuh pribadi," jelas Vera

Inilah cara dan apa-apa saja yang bisa Moms lakukan supaya nggak bingung lagi gimana caranya memberi pendidikan seks pada anak.

Baca Juga: Ini 3 Cara Ampuh Atur Keuangan Generasi Sandwich, Patut Dicoba!

Baca Juga: Moms Perlu Tahu, Ini 6 Hal Positif Kalau Si Kecil Mengalami Tantrum, Enggak Selalu Buruk Kok!

1. Menghormati diri sendiri

Beritahu anak kalau seluruh anggota tubuhnya bersifat privasi. Minta juga pada anak untuk menghormati dirinya agar anggota tubuhnya nggak disentuh atau dilihat oleh orang gak dikenal atau orang baru. Beri tahu anak kalau hanya orang tua --terutama ibu dan tenaga medis yang diperbolehkan melihatnya.

2. Kebersihan tubuh

Kalau anak sudah menginjak usia balita, ajarkanlah ia supaya membersihkan alat kelaminnya dengan cara yang benar. Terlebih bagi Moms yang memiliki anak gadis, Moms pun nantinya akan kembali memberikan edukasi seputar menstruasi yang akan terjadi pada anak. Jadi, nggak ada salahnya memberikan pengetahuan seks sedini mungkin pada anak.

3. Pengetahuan tentang tubuh

Minta anak menyebutkan anggota tubuh beserta fungsinya. Apakah Moms pernah meminta anak yang masih bayi untuk menebak salah satu anggota tubuhnya? Nah, secara nggak langsung hal itu sebenarnya sudah Moms lakukan sejak si kecil masih bayi.

4. Norma

Tanamkanlah anak tentang kesadaran tentang norma sosial. Misalnya, saat lagi berada di tempat umum atau keramaian, ingatkanlah anak untuk dapat berperilaku yang baik di depan umum.

5. Perbedaan antara wanita dan pria

Berikan anak pemahaman bahwa wanita dan pria itu berbeda. Di sini, anak harus mendapatkan pesan atau pemahaman yang jelas tentang gender atau alat kelaminnya supaya bagian tubuh mana yang nggak boleh disentuh orang lain bisa mereka pahami

Sudah mengajarkan apa untuk anak hari ini, Moms?