Beauty! Apakah kamu pernah mengalami kulit menjadi merah seperti kepiting rebus? Tentu kamu bertanya-tanya apa penyebabnya. Untuk beberapa orang hal seperti ini dianggap biasa saja, padahal bisa saja menjadi sebuah masalah kesehatan lho!

Ketika kamu mengalami kulit memerah seperti kepiting rebus bisa jadi hal itu menjadi tanda dari tubuh kita kalau ada jaringan kulitmu yang enggak sehat dan menjadi indikasi adanya penyakit dalam yang serius. Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjutnya, coba baca rangkuman (22/07/2020) HerStory berikut ini!

Reaksi Obat

Alergi pada obat merupakan salah satu reaksi penolakan yang dilakukan oleh tubuh kita terhadap zat asing yang kita konsumsi. Oleh karena itu, banyak dokter yang menanyakan kepada kita apakah kita memiliki alergi terhadap obat atau enggak. Alergi pada obat biasanya ditandai dengan tanda merah pada tubuh dan rasa gatal pada tanda merah tersebut.

Baca Juga: Masih Muda tapi Udah Banyak Kerutan di Dahi? Begini Lho Cara Mencegahnya!

Baca Juga: Antibodi Bermasalah, Working Moms Waspada Alergi Pada Anak!

Kemudian, hal-hal seperti ini biasanya terjadi karena penggunaan krim-krim kecantikan yaitu krim hidrokortison yang menjadi salah satu obat yang bisa membuat kulit wajah kita menjadi memerah. Mulai sekarang kamu harus memeriksakan diri apakah memiliki alergi pada obat tertentu ya, Beauty!

Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak adalah kondisi di mana kulit kita terpapar oleh suat ar yang bisa memicu iritasi dan reaksi yang hampir mirip dengan alergi. Biasanya kondisi ini sering dialami di bagian wajah kita karena wajah kita sangat rentan terkena penyakit dermatitis kontak, penyebabnya adalah penggunaan skincare dan makeup. Selain wajah, kulit kepala juga bisa termasuk bagian yang bisa terkena kondisi ini.

Jika rambut kamu mendapatka zat-zat yang enggak cocok dengan kulit bisa jadi kepala kamu menjadi botak lho! Gejala dermatitis kontak biasanya adalah keluhan gatal, kulit kering hingga adanya rasa nyeri. Segera periksakan ke dokter jika kamu mengalami gejala seperti itu ya!

Rosacea

Kemudian ada rosacea yang merupakan kondisi di mana kulit ada bagian wajahmu akan memerah. Biasanya kondisi ini bisa membuat pembuluh darah di wajahmu bisa terlihat dan bisa menimbulkan benjolan kecil merah yang berisi nanah.

Baca Juga: Menghindari Iritasi, Pentingnya Pakai Menstual Cup!

Baca Juga: Wadaw! Berikut ini 4 Manfaat yang Diberikan Buah Delima Untuk Kulitmu!

Kondisi ini enggak bisa disembuhkan tetapi kamu bisa melakukan perawatan yang bisa membantu kamu mengatasi kemerahan pada wajah.

Psoriasis

Dan yang terakhir adalah psoriasis yang merupakan salah satu jenis penyakit autoimun yang enggak bisa disembuhkan. Penyakit ini biasanya akan menimbulkan bercak merah keperakan yang bersisik. Penyakit ini akan muncul di bagian-bagian tertentu pada tubuh seperti kulit kepala, wajah, siku, tangan, lutut, kaki, dada, punggung bawah dan lipatan antara bokong. Tetapi penyakit ini juga bisa menyerang bagian kuku tangan dan kakimu.

Meski enggak bisa disembuhkan namun penyakit ini bisa diringankan dengan perawatan dari dokter.

Jika kamu mulai merasa ada sesuatu yang enggak beres dengan tubuhmu segera periksakan ke dokter ya, Beauty!