Menu

Bumil Merapat! Ini Penyebab dan Cara Mengatasi GERD pada Ibu Hamil

22 Maret 2022 16:40 WIB
Bumil Merapat! Ini Penyebab dan Cara Mengatasi GERD pada Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil sakit perut. (Freepik/gpoinstudio)

HerStory, Bekasi —

Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau refluks asam terjadi ketika asam lambung sering mengalir kembali ke tabung yang menghubungkan mulut dan perut, yaitu kerongkongan. Penyakit asam lambung (GERD) pada ibu hamil biasanya teradi pada trimester kedua dan ketiga kehamilan.

Refluks asam dapat mengiritasi lapisan kerongkongan menyebabkan heartburn, yang merupakan sensasi terbakar yang tidak nyaman di dada. Wanita hamil sangat rentan terhadap refluks asam dan mulas.

Menurut American Pregnancy Association perubahan hormon adalah faktor yang menyebabkan refluks asam pada ibu hamil. 

Selama kehamilan, seorang wanita menghasilkan peningkatan jumlah hormon progesteron. Hormon ini bertanggung jawab untuk merelaksasi jaringan otot polos di seluruh tubuh sehingga rahim dapat meregang dan tumbuh seiring perkembangan janin.

Namun, progesteron juga dapat mengendurkan otot sfingter yang menghubungkan kerongkongan dengan lambung. Sfingter memungkinkan makanan masuk ke perut sekaligus mencegah makanan dan asam lambung bocor ke kerongkongan.

Progesteron mengendurkan sfingter, memungkinkan asam melakukan perjalanan kembali ke kerongkongan.

Selain itu, pada tahap akhir kehamilan, rahim dan janin yang tumbuh semakin menekan perut. Tekanan ini dapat menyebabkan asam bocor keluar dari lambung dan naik ke kerongkongan. Kebocoran ini lebih mungkin terjadi setelah makan saat perut sudah kenyang.

Pengobatan bagi ibu hamil dengan GERD sama seperti pengobatan bagi penderita GERD lainnya. Ini berfokus pertama pada perubahan gaya hidup dan obat-obatan non-resep. Moms dapat mengubah gaya hidup untuk membantu meringankan gejala GERD.

Baca Juga: Berkaca dari Dea Ananda, Ini Gejala dan Penyebab Pengentalan Darah saat Hamil yang Harus Diwaspadai

Baca Juga: Ibu Hamil Rentan Alami Tekanan Darah Tinggi, Lakukan Ini untuk Mengatasinya Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Oleh: Cherryn Lagustya